Scroll to Top

Liga Champion: Lionel Messi 2 Pertandingan Satu Tembakan Tepat Sasaran

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 24 Apr 2012

Lebih dari 200 menit bermain, Lionel Messi tidak kunjung mencetak gol. Dalam dua pertandingan terakhir, ketika sang mesiah merana, Barcelona ikut terluka. Melawan Chelsea di Liga Champion dan Real Madrid di Liga Spanyol, atau dalam dua pertandingan Lionel Messi cuma melepaskan satu tembakan tepat sasaran. Selebihnya, ia tenggelam oleh pengawalan ketat bek-bek lawan.

Lionel Messi

Seberapa besar pengaruh Lionel Messi terhadap Barcelona? Jawabannya, terlalu besar. Tengoklah duel menghadapi Chelsea dan Real Madrid.

Ketika Barcelona melawat ke Chelsea, mereka melepaskan 24 tembakan. Kecuali Lionel Messi, rata-rata para pemain melepaskan 2 hingga 3 tembakan.

Namun, hanya enam yang benar-benar mengarah ke gawang Petr Cech. Artinya, 25% saja dari total tembakan yang benar-benar mengancam Chelsea. Carles Puyol, Adriano, dan Andres Iniesta sama-sama melepaskan satu tembakan on target.

Lionel Messi sendiri mendapatkan ‘jatah’ yang paling banyak: 7 tembakan. Hanya satu yang tepat sasaran.

Kontras sekali dengan Chelsea yang melepaskan 4 tembakan, dan hanya satu yang tepat sasaran. Didier Drogba, sang pencetak gol kemenangan, hanya membutuhkan satu percobaan untuk mengubahnya menjadi gol.

Lionel Messi

Melawan Real Madrid, Barcelona lebih menyerang jika kita melihat ball possessions semata. Versi Barcelona, mereka unggul ball possessions hingga 66%. Sementara, versi ESPN, lebih 72% bola dikuasai oleh pasukan Pep Guardiola.

Namun, penguasaan sejumlah tersebut hanya menghasilkan 14 tembakan. Yang lebih membuat frustrasi Lionel Messi dkk. adalah jumlah tembakan tepat sasaran ke gawang Iker Casillas. Hanya 3; kontras dengan Real Madrid yang memiliki 6 tembakan on target.

Lagi-lagi nama Lionel Messi meredup. Tidak ada satu pun tembakannya yang membahayakan gawang Real Madrid. Messi lebih tak memiliki peluang daripada Alexis Sanchez. Penyerang Chili yang turun sebagai pemain pengganti sejak menit 69, melepaskan 2 tembakan tepat sasaran; salah satunya berbuah gol.

Chelsea 2

Melihat statistik dalam beberapa pertandingan terakhir, keran gol Lionel Messi akan lebih terbuka ketika ia mampu melepaskan 2 hingga 3 tembakan on target. Hal ini berlaku saat melawan Real Zaragoza (3 tembakan on target, 2 gol), Getafe (2 tembakan on target, 1 gol), dan Levante (2 tembakan on target, 2 gol).

Melawan Chelsea dini hari nanti penjagaan terhadap Lionel Messi memang ketat; namun bek-bek Chelsea diprediksikan tidak akan serapat gelandang bertahan dan bek Real Madrid. Mampukah Lionel Messi memupuskan kemandulannya yang sudah lebih dari 200 menit? Ataukah kali ini sang mesiah kembali dibenamkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda