Hasil Liga Champion: Barcelona vs Chelsea 2-2

Leg kedua semifinal Liga Champion membunuh Barcelona sang juara bertahan. Sebuah gol Fernando Torres di injury time menghukum seisi Camp Nou. Hasil akhir Barcelona vs Chelsea 2-2 meski The Blues bermain dengan 10 orang sejak menit 37.

Barcelona vs Chelsea 2-2

Barcelona memulai laga dengan hanya memainkan dua bek murni. Sementara, Chelsea yang semakin lama semakin terbiasa dengan formasi 4-2-3-1 memilih Didier Drogba daripada Fernando Torres.

Barcelona yang membutuhkan kemenangan dengan margin dua gol, berada di bawah kutukan tak lolos ke final pada tahun genap. Dan, hari ini kutukan tersebut bergerak dengan cara yang tidak menyenangkan bagi tuan rumah.

Cedera menghantam dua pilar masing-masing kubu. Gary Cahill harus dicopot dan digantikan oleh Jose Bosingwa di menit-menit awal. Sementara, Gerard Pique yang absen dalam dua partai terakhir, mengakhiri laga lebih cepat di menit 26. Sosoknya diganti oleh Dani Alves, membuat secara otomatis Barcelona hanya tampil dengan satu bek murni.

Gol yang ditunggu Camp Nou lahir di menit 35. Bukan dari Lionel Messi atau Alexis Sanchez, melainkan Sergio Busquets. Memanfaatkan umpan datar Isaac Cuenca di dalam kotak penalti, Busquets yang tak diprediksi oleh lima pemain ‘belakang’ Chelsea berhasil membuka skor.

Barcelona vs Chelsea 2-2 (2)

The Blues seolah akan pulang dengan tangan hampa ketika John Terry mendapat kartu merah dari wasit asal Turki, Cuneyt Cakir. Kapten Chelsea kedapatan melanggar Alexis Sanchez dari belakang dengan lututnya. Roberto Di Matteo harus kehilangan dua bek tengah sekaligus bahkan sebelum babak pertama usai.

Selang delapan menit, Camp Nou mungkin ingin menghentikan pertandingan saat itu juga. Andres Iniesta menerima umpan terobosan Lionel Messi. Dengan cerdik, si nomor 8 melepaskan tembakan melengkung ke gawang Petr Cech.

Chelsea yang seakan akan menenggelam jauh, sukses mencuri gol di penghujung babak pertama. Mendapatkan umpan dari Frank Lampard, Ramires menchip bola, membuat lompatan putus asa Victor Valdes tak berarti banyak.

Awal 45 menit kedua, The Blues mendapat hukuman penalti. Lionel Messi yang menjadi algojo tak bisa menghindarkan tendangannya dari mistar gawang. Sekaligus, membuat malam tadi semakin menyenangkan untuk sang peraih Ballon d’Or tiga tahun berturut-turut.

Barcelona vs Chelsea 2-2 (1)

Barcelona terus dan terus mengurung Chelsea. Namun, pil pahit harus ditelan Pep Guardiola. Termasuk ketika tembakan Lionel Messi yang tertepis Petr Cech, kembali lebih suka menerpa tiang gawang daripada masuk.

Ketika para pemain Chelsea siap merayakan lolos berkat agresivitas gol tandang, Fernando Torres menyiapkan takdir yang lebih baik. Masuk menggantikan Didier Drogba, Torres mendapatkan bola yang harus menjadi gol.

Ketika El Nino melewati Victor Valdes, saat itu pula garis nasib tak terelakkan lagi. Jika Torres mencetak gol di Camp Nou, timnya selalu ‘menang’. Dulu, hal ini hanya berlaku untuk Atletico Madrid. Chelsea memang tidak menang dalam 90 menit. Namun, agregat 3-2 memastikan tiket final kedua sepanjang sembilan tahun rezim Roman Abramovich.

Klub yang berjuang untuk mengejar tiket Europa League di Liga Inggris (duduk di peringkat enam), menyingkirkan Barcelona yang hampir dipastikan menjadi runner-up Liga Spanyol.

Barcelona vs Chelsea 2-2

Barcelona Chelsea
23(6) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 7(3)
8 Pelanggaran 10
10 Tendangan Sudut 1
1 Offside 1
83% Ball Possession 18%
2 Kartu Kuning 6
0 Kartu Merah 1
1 Penyelamatan 4

Komentar Anda

Leave A Response