Scroll to Top

10 Merk Paling Disuka di Facebook

By Aisyah Indarsari / Published on Tuesday, 12 Jul 2011

Top-10-Facebook-BrandsAkhir-akhir ini berita yang sedang panas seputar social media adalah munculnya pesaing baru (yang sebenarnya merupakan pemain lama) Google+. Walaupun merupakan topik terhangat saat ini, akan tetapi masih belum ada jalan bagi pemilik merk terkenal untuk masuk dan bergabung di Google+ untuk kemudian  menjalankan strategi marketing yang sebelumnya sudah diaplikasikan di pesaing terberatnya, Facebook.

Seperti sudah diketahui umum, sarana media sosial ini merupakan sarana yang sangat sukses dalam rangka memasarkan suatu merk ataupun produk di masa kini. Tengok saja beberapa merk terkenal yang mempunyai akun di Facebook. Jumlah pengguna yang memberikan jempol “like” nya seperti menunjukkan rating keberhasilan pemasarannya di media ini. Berikut 10 merk teratas yang eksis di Facebook berdasarkan pengamatan thenextweb.com:

1.      Coca Cola (32.105.423)

Anda merasa pernah memberikan jempol “like” Anda di akun satu ini? Jika ya, berarti Anda ikut berpartisipasi membuat akun ini menjadi merk yang paling diminati di Facebook. Yang menarik dari akun ini adalah ternyata akun ini didirikan oleh penggemar Coca Cola sendiri. Alih-alih pihak Coca Cola menutupnya, mereka tetap membiarkan penggemar mengelola sendiri akun ini. Dan ternyata justru mendapat perhatian 30 juta lebih penggemar di seluruh dunia.

2.      Disney (26.888.679)

Pihak Disney sendiri meng-klaim merk nya memiliki hampir 200 juta penggemar Facebooker diseluruh dunia. Jumlah itu merupakan akumulasi beberapa sub akun Facebook yang dimiliki merk ini. Seperti Toy Story, Dory, dan beberapa trade mark lain dibawah merk Disney. Akan tetapi, Disney tetap menjadi akun utama yang banyak dicari orang di Facebook.

3.      Starbucks (23.696.931)

Sebenarnya di akun Starbucks ini banyak sekali keuntungan yang ditawarkan. Mulai dari voucher kopi gratis sampai info lowongan pekerjaan di gerai Starbucks lokal. Sayang sekali akun ini hanya berlaku untuk yang berdomisili di Amerika Serikat. Bagaimana dengan Starbucks Indonesia?

4.      Oreo (22.044.279)

Halaman akun ini cukup menarik karena ada banyak informasi produk dan juga beberapa resep lezat yang bisa Anda contoh. Hanya saja link resep-resep tersebut akan mengarah ke website milik Kraft, bukan di halaman Facebook lagi.

5.      Red Bull (21.351.003)

Diklaim merupakan halaman Facebook terbaik karena selalu di-update dengan game-game terbaru dan beberapa fitur menarik lainnya. Bahkan ia memiliki stasiun televisi sendiri dimana Anda bisa menyaksikan beberapa event olah raga diseluruh dunia yang disponsorinya.

6.      Converse All Star (20.007.928)

Anda mungkin bingung mengapa sampai ada 2 akun Converse terpisah, yang masing-masing sama kuat brand imagenya. Isi konten memang berbeda antara satu dan yang lain. Walaupun lebih sedikit interaksi didalamnya, dan hanya berpusat pada foto dan video dari penggemar, tetap saja akun ini digemari oleh 20 juta lebih Facebooker.

7.      Converse (19.147.919)

Hampir sama dengan isi konten akun Converse sebelumnya, hampir tidak ada fitur yang ditawarkan oleh pemiliki merk ini sendiri. Akan tetapi interaksi yang cukup menarik diantara para penggemar lah yang menjadikan akun ini cukup diminati.

8.      Skittles (18.519.025)

Termasuk brand yang efektif menggunakan media Facebook sebagai sarana pemasarannya. Halaman akun ini selalu di update dengan aplikasi terbaru, permainan, dan beberapa video tentang kampanye terbarunya.

9.      Playstation (16. 408.035)

Akun ini benar-benar memanjakan para pecinta Playstasion. Penuh dengan informasi games terbaru, dan bocoran info judul terbaru yang akan diluncurkan Playstasion. Di halaman akun ini Anda juga bisa memainkan beberapa demo permainan yang pastinya disuka penggemar Playstasion sejati.

10.  iTunes (15.979.329)

Halaman akunnya sangat cocok dengan tema merk ini. Dan kabarnya, tahun depan halaman akun ini akan diperkaya dengan tampilan music streaming. Wah.. pasti sangat dinanti ya..

Nah, akun merk apa yang paling Anda minati di Facebook?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda