Scroll to Top

Jarang Bersihkan Pusar, bisa Jadi Sarang Bakteri

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 12 Jul 2011

pusarWow! Ternyata, pusar kita adalah tempat nyaman untuk berkembangnya  bakteri. Setidaknya ada 1.400 bakteri yang hinggap di pusar manusia. Ngerinya lagi, ada sekitar 662 bakteri yang diyakini merupakan jenis bakteri baru.

Kesimpulan tersebut didapat oleh peneliti dari University North Carolina Belly Button Biodiversity.  Sejumlah 95 responden yang terlibat, diminta untuk mengusapkan cotton bud ke pusarnya. Ahli mikrobiologi kemudian memeriksa sampel kotoran pusar yang menempel di cotton bud. Hasilnya, 80 persen dari 1.400 bakteri tersebut, masuk kategori bakteri yang tidak membahayakan kulit. Demikian seperti dikutip MSN Indonesia.

Banyaknya jumlah bakteri di pusar ditentukan juga oleh sering tidaknya seseorang membersihkannya. Sebab, ada seorang responden yang tidak dtemukan bakteri karena membersihkan pusarnya tiap hari.

“Kami menyarankan Anda membersihkan pusar secara rutin, karena angka di atas merupakan jumlah bakteri yang sangat banyak,” kata  Jiri Hulcr, pemimpin penelitian.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda