Scroll to Top

Derby Manchester City Vs Manchester United

By Agus Prasetyo / Published on Friday, 27 Apr 2012

derby manchester

Pencinta sepak bola di Inggris pekan ini akan disuguhkan derby menarik antara Manchester City Vs Manchester United, sekaligus dikatakan sebagai penentuan kepada siapakah gelar juara Liga Inggris musim 2011/2012 akan berlabuh. Tapi apakah pertandingan itu sama seperti pertandingan antara Liverpool Vs Arsenal,  26 Mei 1989 Silam?

Pertandingan 23 tahun yang lalu itu dapat dikatakan sebagai pertandingan paling dramatis di Liga Inggris yang pernah ada. Sebuah pertandingan yang telah dijadwalkan 23 April, namun harus dirubah 26 Mei karena bencana Hillsborough.

Liverpool yang mengalahkan Everton di Piala FA seminggu sebelumnya, memiliki keunggulan 3 poin dari pesaing terdekatnya, Arsenal. Dengan perbedaan selisih gol, berarti The Gunners hanya bisa menyalip di puncak jika menang atas Liverpool minimal 2 gol.

Pertandingan dilangsungkan di kandang Liverpool. Sebagai tim berlabel  underdog, Arsenal  ketika itu diremehkan. Tetapi pelatih George Graham mengatakan kepada pemainnya untuk tetap tenang dan tidak perlu kuatir, karena sebenarnya beban berat ada di pundak para pemain Liverpool.

“Semua tekanan akan berada di pemain Liverpool. Mereka tidak akan bisa bernapas dan merasakan beban berat.”

Pada babak pertama skor tetap 0-0. George Graham coba meyakinkan pemain Arsenal untuk tidak panik dan mengembalikan konsentrasi untuk melakoni babak kedua.

Babak kedua berjalan, Striker Alan Smith mencetak gol pada menit ke-52.  Sebenarnya kekalahan 0-1 masih cukup aman untuk membuat Liverpool menjadi juara ketika itu.

Tiba saat memasuki masa injury time, gelandang Liverpool Steve McMahon terlihat mengatakan sesuatu kepada rekan-rekannya sebagai tanda bahwa pertandingan akan segera berakhir dan Liverpool akan menjadi juara.

“Satu menit… Hanya satu menit..”, ungkap Steve McMahon.

Tidak disangka, menit 91 Michael Thomas mencetak gol untuk Arsenal dan kedudukan akhir pertandingan itu adalah 2-0 untuk Arsenal.

Arsenal pun menjadi juara Liga Inggris musim 1988/1989. Dari statistik klasemen, Arsenal dan Liverpool mengumpulkan poin yang sama, 76 dengan selisih gol yang sama pula, 37.

Namun Arsenal dinobatkan sebagai juara karena mencetak gol lebih banyak. Arsenal mencetak 73 gol dan kemasukan 36 gol. Sedangkan Liverpool mencetak 65 gol dan kemasukan 28 gol.

Lantas bagaimanakah dengan derby antara Manchester City Vs Manchester United? Kita tunggu hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda