Scroll to Top

Cadangan Air di Afrika 100 Kali dari Air di Permukaan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 26 Apr 2012

air di afrika

Di tengah suasana tandus Afrika, ternyata terdapat cadangan air raksasa di benua tersebut. Bahkan, volumenya diduga 100 kali dari air yang bisa dikonsumsi di permukaan. Cadangan ini kategori air yang layak konsumsi. Kalau bisa dimanfaatkan, maka akan mampu menghidupi 300 juta warga benua Afrika yang kesulitan menemukan air.

Para ilmuwan telah memetakan cadangan air dari wilayah yang kemungkinan punya cadangan air besar hingga kecil. Namun, ilmuwan mengingatkan, tidak disarankan mengeksploitasi besar-besaran terhadap cadangan air ini. Lebih baik mengambilnya dengan pompa manual agar cadangan tidak cepat habis. Demikian dikatakan ilmuwan dalam jurnal Environmental Research Letters.

peta cadangan air di benua afrika
Peta cadangan air di benua Afrika

 

Diperkirakan, jumlah cadangan air ini tebalnya 75 meter. Dengan volume sebesar ini jika dimanfaatkan dengan baik bisa mencukupi kebutuhan air yang sangat besar di Afrika. Pertumbuhan penduduk di sana cukup tinggi dan lahan pertanian yang bisa diairi baru lima persen. Ada harapan baru untuk kehidupan lebih baik di Afrika.

“Ada cadangan air yang sangat besar di Afrika Timur yaitu di Libia, Aljazair dan Chad,” kata Helen Bonsor dari Survey Geologi Inggris (BGS), seperti dikutip BBC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda