Scroll to Top

Soegija, Film Termahal Garin Nugroho

By Ria Tanisa / Published on Thursday, 26 Apr 2012

soegija

Setelah sukses dengan beberapa filmnya, sutradara Garin Nugroho kembali menggarap film ‘Soegija’. Garin tampak serius menyelesaikan proyek terbarunya ini. Bahkan, Garin rela merogoh kocek lebih dalam hingga diakuinya film ini adalah film termahalnya. Menurut Garin, ‘Soegija’ menghabiskan dana sebesar Rp 12 miliar.

Ternyata dalam film ini Garin harus menyiapkan banyak properti kuno yang usianya tentunya sudah tua. Barang-barang tersebut sebagian besar berasal dari jaman kemerdekaan. Hal itulah yang membuat budget  yang harus dikeluarkan menjadi sangat besar.

“Film ‘Soegija’ ini film termahal saya, karena memang banyak pengeluaran dan budget tidak sedikit untuk mendapat perlengkapan tahun 1940-an. Kebanyakan, barang-barang itu adalah barang kuno masa kemerdekaan,” ujar Garin Nugroho saat ditemui di Epicentrum, Jakarta, Kamis (26/4/2012) seperti dirilis vivanews.

Tak tanggung-tanggung, film ‘Soegija’ ini didukung oleh 2.275 pemain. Film ini menggunakan 6 bahasa dan menggandeng banyak seniman dan artis ternama di antaranya Landung Simatupang, Butet Kertarajasa, Djaduk Ferianto, Nirwan Dewanto, dan Olga Lidya.

“Ceritanya, Romo Kanjeng, sapaan sehari-hari Soegija, hidup sebagai pemimpin di tengah benturan begitu banyak ideologi lokal bahkan dalam skala global. Dan bagaimana di tengah benturan ideologi dan chaos-nya sebuah bangsa, Soegija harus mampu memberikan inspirasi tentang mutikultural dalam basis nasionalisme,” tutur Garin saat memberikan bocoran mengenai filmnya ini.

Rencananya, film yang mengambil setting pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia ini akan ditayangkan serentak pada tanggal 7 Juni 2012 di seluruh bioskop tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda