Scroll to Top

Preview dan Prediksi Argentina vs Kosta Rika: Pertaruhan Argentina

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 12 Jul 2011

Sebagai tuan rumah Copa America 2011, Argentina telah membuat start yang buruk dengan hanya mampu meraih dua poin hasil dari dua pertandingan. Ditambah hanya mencetak satu gol, membuktikan betapa buruknya performa anak asuh Sergio Batista itu.

Menghadapi Kosta Rika dalam pertandingan terakhir Grup A tak ubahnya laga final bagi mereka. Hanya ada dua pilihan bagi Lionel Messi dkk, yakni menang atau menanggung malu di hadapan puluhan ribu suporter setianya.

Messi, yang diharapkan bisa menularkan permainan ajaibnya dari Barcelona ke timnas, masih belum bisa mewujudkan harapan itu. Ia seperti bermain sendiri ketika bersama timnas. Tak ada pemain yang bisa berperan sebagai Xavi Hernandez dan Andres Iniesta di El Barca adalah salah satu penyebabnya.

Namun, Messi meyakini ia akan bisa berbuat lebih baik lagi bagi negaranya saat melawan Kosta Rika, Selasa (12/7) pukul 07.45 WIB, di Stadion Mario Kempes.

“Saya merasa baik-baik saja dan saya siap melakukan yang terbaik. Saya yakin kami mampu lolos ke permpat final,” tegas pemain berusia 24 tahun itu.

Eks pelatih Argentina, Alfio Basile, mengatakan adalah sebuah bencana jika Albiceleste gagal lolos dari Grup A. ia menyarankan pada Batista untuk membuat suatu perubahan dalam susunan pemain.

“Kita harus menang. Saya tahu Messi. Jika ia tak mendapat bola, ia bisa menjadi gila dan bermain tak seperti biasanya,” ucap Basile.

Saran Basile sepertinya didengar oleh Batista. Kepada harian Clarin, Batista mengungkapkan ia akan melakukan perubahan pada susunan pemain.

Secara tersirat, Batista berencana akan memainkan Messi, Angel Di Maria, Gonzalo Higuain, dan Sergio Aguero bersama-sama sejak menit awal. Itu berarti akan membuat Carlos Tevez dan Ezequiel Lavezzi terlempar ke bangku cadangan.

Sementara dari kubu Kosta Rika, striker Joel Campbell mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya sama sekali tidak takut dengan materi pemain yang dimiliki tuan rumah.

“Tekanan justru berada pada Argentina, karena mereka harus menang,” ucap pemain yang membela Deportivo Saprissa itu.

“Argentina mungkin saja belum bisa bangkit. Saya mengharapkan hal tersebut. Mereka akan memainkan tiga pemain sayap. Itu akan membuat mereka lebih agresif daripada biasanya,” timpal pelatih Kosta Rika, Ricardo La Volpe.

Tekanan yang menghinggapi kubu tuan rumah bisa menjadi energi yang kuat jika Argentina mampu memanfaatkannya dengan positif. Sebaliknya, mereka harus tetap mewaspadai sikap nothing to lose anak-anak Kosta Rika yang bisa membuat mereka bermain lepas.

Jika Argentina bisa menerapkannya dengan baik, maka tak akan sulit bagi mereka untuk mengatasi perlawanan Kosta Rika yang dihuni para pemain muda.

Perkiraan formasi:

Argentina: 23. Sergio Romero, 3. Pablo Zabaleta, 4. Nicolas Burdisso, 6. Gabriel Milito, 8. Javier Zanetti, 14. Javier Mascherano, 19. Ever Banega, 7. Angel Di Maria, 10. Lionel Messi, 16. Sergio Aguero, 9. Gonzalo Higuain. Pelatih: Sergio Batista

Kosta Rika: Leonel Moreira, 4. Jose Salvatierra, 2. Francisco Calvo, 3. Johnny Acosta, 19. Oscar Duarte, 20. Pedro Leal, 6. Heiner Mora, 8. David Guzman, 11. Diego Madrigal, 12. Joel Campbell, 17. Josue Martinez. Pelatih: Ricardo La Volpe

Head to Head:

30-03-2011: Kosta Rika 0-0 Argentina

27-01-2010: Argentina 3-2 Kosta Rika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda