Scroll to Top

Orang Cerdas Konon Suka Curang

By Ilham Choirul / Published on Friday, 27 Apr 2012

bohong

Orang-orang cerdas diduga lebih sering menggunakan kreativitasnya untuk melakukan kecurangan dibanding orang yang kurang aktif. Orang yang kreatif cenderung merasionalisasi segala tindakan mereka. Demikian menurut penelitian dari Harvard University.

Francesca Gino, PhD dan rekannya, Dan Ariely, PhD dari Duke University mengatakan, dari lima percobaan yang dilakukan pada orang kreatif, mereka menganggap perilaku buruk untuk curang itu sebagai kewajaran. Peneliti memakai tes psikologi dalam kasus ini.

Para relawan diberikan sejumlah uang untuk mengerjakan tugas yang harus diselesaikan. Setiap jawaban yang benar, akan diberikan uang lebih banyak. Tanpa sepengetahuan relawan, sebenarnya pada kertas jawaban sudah diberikan kode identifikasi yang unik.

Di saat mereka mengerjakan tugas, ternyata mereka yang cerdas dan kreatif, berusaha mencari jawaban dari tugas dengan cara yang curang. Sementara mereka yang “biasa saja” dalam kecerdasan, punya kecenderungan untuk berbuat lebih jujur.

Di sini peneliti berkesimpulan, antara kecerdasan dan kejujuran itu tidak sepenuhnya berhubungan.  Tidak pula berarti, semakin cerdas seseorang justru membuatnya makin bersikap bijak. Dari hasil penelitian ini, justru berkata sebaliknya.

“Kreativitas tinggi membantu individu mengatasi tugas sulit pada banyak hal. Tetapi percikan api kreativitas ini dapat menyebabkan individu untuk mengambil jalan yang tidak etis ketika mencari solusi untuk masalah dan tugas,”  ujar Gino, PhD, seperti dikutip Times of India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda