Scroll to Top

Kamera Unik Ini Tidak Menghasilkan Foto, Tapi Metadata

By Ibnu Azis / Published on Friday, 27 Apr 2012

Descriptive Camera_3

Sebuah kamera umumnya akan menghasilkan output berupa foto atau gambar. Namun itu tak berlaku bagi Matt Richardson. Lewat Descriptive Camera, metadata tercipta dari sebuah kamera.

Descriptive Camera dikembangkan oleh Matt Richardson. Ia adalah seorang programmer komputer sekaligus fotografer.

Prototipe Descriptive Camera diciptakan Matt Richardson untuk kelas Computational Camera di kampusnya Universitas New York.

Descriptive Camera_2

Lantas bagaimana Descriptive Camera bekerja? Kamera ini nantinya akan menangkap gambar yang dijepret melalui lensa.

Kemudian Descriptive Camera akan mengirim image tersebut ke Mechanical Turk Amazon. Kemudian diskripsi foto akan diproses dan diteruskan kembali ke kamera dalam waktu enam menit.

Dengan demikian maka Descriptive Camera tak mampu mengubah foto menjadi teks (metadata) secara langsung. Ada seseorang di Mechanical Turk Amazon yang memrosesnya.

Nantinya sebuah thermel printer akan mencetak diskripsi teks melalui style polaroid. Dan penjepret foto tersebut bisa membaca diskripsi foto tersebut.

Descriptive Camera_4

Foto: Dari foto di atas Descriptive Camera mendiskripsikan foto tersebut dalam teks (metadata) sebagai berikut:

“Sepertinya sebuah lemari yang jelek dan tua. Memiliki pelat nama di atasnya dengan lampu penerangan studi yang melekat padanya.”

Descriptive Camera di masa depan akan sangat berguna bagi mereka yang memiliki kekurangan dalam penglihatan tatkala melihat foto, namun masih bisa membaca teks dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda