Scroll to Top

Alergi Ternyata Baik Untuk Kesehatan

By C Novita / Published on Friday, 27 Apr 2012

alergi

Ada beberapa musim dimana tubuh manusia menjadi begitu sensitif dan mengidap alergi, hingga harus berkali-kali bersin karena debu, suhu dingin atau cuaca yang tak bersahabat. Namun menurut ilmuwan, ternyata alergi seperti ini baik untuk kesehatan.

Peneliti dari Yale University mendapati kondisi alergi musiman seperti ini adalah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi dengan baik. Buktinya adalah dengan adanya gejala bersin saat benda asing seperti debu masuk dalam sistem pernafasan, atau penurunan suhu yang cukup ekstrem dari biasanya.

Ada berbagai jenis respon imun tubuh untuk memerangi berbagai jenis patogen. Untuk melawan virus dan bakteri, kekebalan tipe 1 bereaksi dengan cara secara langsung membunuh infeksi atau patogen.

Sedangkan imunitas tipe 2, yaitu tubuh merangsang sel T tubuh dan antibodi untuk melawan racun atau benda asing yang berasal dari lingkungan luar. Ilmuwan fokus pada penelitian tipe 2 saat mempelajari tentang alergi.

Nah, sistem imunitas tipe 2 ini yang membuat seseorang mengalami gejala alergi musiman seperti bersin-bersin.

Dikutip dari Foxnews, para ilmuwan tersebut berpendapat bahwa walau kadang nampak sangat menggangu dan merepotkan karena seseorang harus berulang kali bersin, namun alergi sebenarnya pertanda baik untuk kesehatan.

Alergi telah terbukti mampu melindungi tubuh manusia dari serangan parasit, bahan kimia berbahaya, venoms hewan, dan iritasi lingkungan dengan cara yang sangat sederhana. Yaitu bersin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda