Scroll to Top

Teknologi Baru Apple Memungkinkan Mengisi Ulang Tanpa Kabel

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 12 Jul 2011

Wall Street Journal, seperti yang dikutip CultOfMac, melaporkan bahwa Apple sedang bereksperimen tentang bagaimana cara mengisi ulang baterai iPhone miliknya di masa depan nanti. Meski belum jelas apakah pengisian ulang tersebut dilakukan tanpa kabel (wireless), tapi ini yang paling mungkin.

CultOfMac melakukan sedikit investigasi dan menemukan perusahaan bernama WiTricity, yang dibentuk pada 2007. WiTricity telah bekerja untuk mengkomersialisasikan teknologi yang dikembangkan di MIT yang mengirim daya listrik tanpa kabel melalui udara ke perangkat semacam laptop, ponsel, bahkan perangkat listrik biasa lainnya.

Metode pengisian ulang ala WiTricity ini tidak memerlukan kontak fisik dan bisa mengisi daya suatu perangkat beberapa meter jauhnya menggunakan wilayah magnetik.

Wilayah magnetik dari dua perangkat yang dimodifikasi dengan frekuensi yang hampir mirip bisa berpasangan ke satu wilayah magnetik yang berkelanjutan. Prof. Soljačić, salah satu peneliti menunjukkan bagaimana menggunakan fenomena diatas untuk bisa mentransfer daya dari satu perangkat ke perangkat lain dengan efisiensi tinggi dan jarak yang cukup jauh.

Usaha yang dilakukan WiTricity ini menarik perhatian dari perusahaan besar, ambil contoh Intel, Toyota, dan tentu saja Apple.

CultOfMac merujuk kepada paten Apple yang berjudul “Wireless Power Utilization In a Local Computing Environment”. Paten ini mendeskripsikan metode pengisian ulang tanpa kabel yang dimasukkan ke iMac, yang memberikan wilayah pengisian ulang secarai virtual ke perangkat lain yang berada di depan iMac yang mengisi daya dari misalkan wireless keyboardwireless mouse, iPhone, iPad, iPod dsb. Jadi intinya, iMac menjadi sumber tenaga pengisian ulang.

Apple menjelaskan teknologi ini tentu menguntungkan pengguna, dengan menghilangkan kebutuhan untuk mengganti baterai dan kabel yang ruwet, kegiatan komputasi secara lokal dan mudah digunakan akan hadir untuk pengguna.

Lihat disini tentang bagaimana CEO WiTricity mendemonstrasikan teknologi tersebut di TED pada 2009. Lihat iPhone yang digunakan di demonstrasinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda