Scroll to Top

Selamat Jalan Pep: Guardiola Mundur dari Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 27 Apr 2012

Josep Guardiola

Takdir baru akan dimulai oleh Barcelona musim depan. Josep Guardiola, pelatih yang sudah memberikan 13 gelar hanya dalam empat musim bersama Blaugrana, resmi tidak melanjutkan perjalanan bersama klub Catalan. Sebagai pelatih baru, ditunjuklah asisten Pep selama ini, Tito Vilanova.

Sepanjang empat tahun terakhir, pencinta sepakbola dunia dihibur oleh ‘sebuah klub dari planet lain’. Barcelona, yang ditangani Josep Guardiola sejak musim 2008/2009 menciptakan standard yang terlalu tinggi untuk dilawan oleh klub mana pun di dunia.

Pep Guardiola 2

Mereka mampu merebut enam gelar di tahun pertama seorang pelatih muda menangani klub yang membesarkannya. Ya, pada tahun 2009, Barcelona meraih trofi di semua kejuaraan yang mereka ikuti: La Liga, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antar Klub.

Musim berikutnya, 2009/2010, pasukan Pep Guardiola berhasil meraih meraih 99 poin; yang merupakan rekor jumlah poin tertinggi di Liga Spanyol dalam semusim. Sepanjang 38 pertandingan di musim tersebut, Lionel Messi dkk. bahkan hanya terjungkal sekali.

Tahun lalu, cuma Real Madrid yang bisa menahan laju Barcelona untuk memenangkan semua gelar. Gol Cristiano Ronaldo di babak perpanjangan waktu di final Copa del Rey, membuat Blaugrana “hanya” meraup lima gelar dari enam kompetisi yang mereka ikuti.

Musim ini, Barcelona masih menunjukkan kekuatan mereka. Cuma Chelsea yang bisa menumbangkan pasukan Pep Guardiola di Liga Champions; sekaligus mendepak El Barca di semifinal. Di Liga Spanyol, kestabilan Real Madrid mendapatkan poin bahkan saat El Real bermain buruk, menjadi kunci penting jarak tujuh angka klub ibukota Spanyol dari Barcelona.

Pep sendiri tetap akan merampungkan perjalanannya dengan Barcelona hingga akhir musim. Sebuah hal yang akan membuat pelatih kelahiran Santpedor mendapatkan gelar ke-14-nya andai El Barca menaklukkan Athletic Bilbao di Final Copa del Rey pada 26 Mei mendatang di Vicente Calderon.

Pep Guardiola

Tidak ada kata yang lebih tepat untuk menggambarkan perjalanan sempurna Josep Guardiola di Barcelona dalam empat tahun ini. Siapa pun penggemar sepakbola di seluruh dunia layak mengucapkan terima kasih atas dedikasi Pep Guardiola, pemain yang dibesarkan akademi La Masia lebih dari 20 tahun lalu, pahlawan Barcelona era 1990-an, dan sosok yang membuat El Barca menjadi klub terbaik dunia dalam empat tahun terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda