Scroll to Top

Kaspersky: Apple Sangat Kolot Dalam Hal Keamanan

By Ditya / Published on Friday, 27 Apr 2012

Kaspersky Apple Mac

Pendiri sekaligus CEO Kaspersky Lab, Eugene Kaspersky baru-baru ini menyatakan pernyataan yang keras terhadap Apple untuk masalah keamanan.

Pada konferensi Info Security 2012, Kaspersky mengatakan pada CBR bahwa Apple sepuluh tahun di belakang Microsoft dalam hal keamanan.

Kaspersky juga mengakui bahwa saat ini sistem operasi buatan Microsoft masih menjadi target favorit hacker, namun kini malware dan trojan untuk Macintosh mulai tumbuh cepat dan menyerang Mac, trojan Flashback contohnya.

Apple telah lama membanggakan diri dengan menawarkan lingkungan yang lebih aman dan nyaman dibanding Windows, namun hal ini tergantung pangsa pasar dan waktu.

Seperti yang dikutip dari Neowin, Kaspersky menambahkan, jika Apple ingin pengguna aman, mereka harus mengadopsi siklus update baru agar ancaman seperti trojan Flashback tidak terulang kembali.

Apple seharusnya mulai mengerti bahwa mereka kini memiliki masalah kemanan yang sama dengan Microsoft dan mereka harus berinvestasi untuk merubah sistem update demi kemanan perangkat lunaknya.

Kaspersky juga menilai bahwa Apple cukup berhasil membuat sistem operasi tersendiri yang memiliki pengguna fanatik, namun pendekatan seperti ini membuat pengguna menjadi terasing dan tidak dapat berbuat banyak ketika serangan seperti trojan Flashback merajalela.

“Mereka harus mulai melakukan banyak pekerjaan seperti memeriksa kode untuk menemukan celah keamanan, sekarang waktunya Apple berbenah soal keamanan,” kata Kaspersky.

Ancaman untuk Apple Mac memang masih lebih kecil dari Windows, namun malware Mac terus meningkat pesat dan Apple perlu bertindak cepat untuk menghentikannya sebelum hal yang lebih buruk terjadi.

Kaspersky juga mengatakan bahwa sekarang adalah saatnya Apple berbenah diri soal keamanan, karena Apple mulai memasuki dunia baru dimana ancaman malware untuk Mac mulai meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda