Scroll to Top

6 Jenis Teh Yang Menyehatkan

By C Novita / Published on Saturday, 28 Apr 2012

teh hitam

Teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Ada beberapa macam jenis teh yang memiliki kandungan dan kegunaan masing-masing. Berikut 6 jenis teh yang menyehatkan seperti dikutip dari Foxnews:

1. Teh Hitam

Jenis teh ini yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat  dunia, hingga 75%. Teh jenis ini asalnya dari tanaman Camellia sinensis yang digulung dan difermentasi, lantas dikeringkan. Rasanya agak pahit, dan mengandung paling banyak kafein dibanding jenis teh lain. Kandungan antioksidannya baik sekali untuk menurunkan kolesterol. Minum teh ini 3-4 cangkir sehari, bisa mengurangi resiko stroke 21%.

2. Teh Hijau

Cara pengolahan teh hijau beda dengan teh hitam. Mereka dikeringkan dan dipanaskan tanpa melalui fermentasi. Kandungan kafeinnya lebih rendah dari teh hitam. Antioksidan jenis katekin yang ada dalam teh hijau ampuh mencegah penyakit kanker dan jantung. Mengkonsumsi 1 cangkir sehari mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular hingga 10%.

3. Oolong Teh

Pengolahan Oolong teh hampir sama denga teh hitam, hanya proses fermentasinya lebih pendek. Minum teh jenis ini berguna untuk menurunkan berat badan, sebab Oolong mengaktifkan enzim yang bertanggung jawab untuk melarutkan trigliserida, bentuk lemak makanan yang disimpan dalam sel lemak.

4. Teh putih

Rasa teh putih sangat ringan, sebab diproses dari daun teh yang sangat muda/pucuk. Kadar kafeinnya pun rendah. Serta antioksidannya tinggi sebab proses pengolahannya sangat sederhana. Hanya dikeringkan saja. Manfaatnya juga baik untuk pencegah sakit kanker dan jantung, serta juga diabetes.

5. Teh kemasan dengan perasa

Jenis teh ini biasanya lebih praktis, sebab bisa langsung diminum. Perasa yang ditambahkan juga dapat menambah selera meminumnya, hanya saja, kandungan gula atau pemanisnya yang kurang baik bagi mereka yang mengidap penyakit diabetes. Kandungan antioksidannya juga sangat rendah, hingga lebih baik meminum teh seduh.

6. teh herbal

Biasanya, isi dari teh herbal kemasan itu bukan berasal dari daun teh, melainkan daun atau buah kering lain yang diklaim bermanfaat bagi kesehatan. Cara penyajiannya yang mirip dengan teh, dengan diseduh dan menghasilkan warna merah, yang membuat nya dinamakan teh herbal. Kandungannya tergantung pada isi dari teh herbal tersebut. Ada yang berasal dari daun sirsak, atau daun dewa.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda