Scroll to Top

Atletico Madrid di Lima Final Kompetisi Eropa Sebelum Musim 2011/2012

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 28 Apr 2012

Atletico Madrid 1

Final Liga Eropa musim ini memang merupakan final kedua bagi Atletico Madrid dalam ajang yang dahulu bernama Piala UEFA. Namun, sejatinya Rojiblancos sudah mengenyam lima partai final di kompetisi Eropa. 3 di antaranya terjadi di Piala Winners; 1 di European Cup (nama lama Liga Champions), dan satu lagi tentu Europa League 2 tahun lalu.

Piala Winners 1961/1962

Perjalanan Atletico Madrid di final kejuaraan Eropa dimulai pada musim 1961/1962. Ketika itu Rojiblancos berhasil mencapai final Piala Winners. Lawan yang dihadapi adalah Fiorentina, wakil Italia.

Duel final terjadi di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia. Di hadapan sekitar 27000 penonton duel tim Spanyol vs Italia, berakhir imbang 1-1. Atletico mencetak gol terlebih dahulu melalui Joaquin Peiro (’11) sebelum Kurt Hamrin menyamakan di babak kedua.

Karena ketika itu tidak ada istilah perpanjangan waktu atau adu penalti, final harus diulang. Waktunya pun cukup lama, enam bulan kemudian, tepatnya pada 5 September 1962. Kali ini Atletico yang berhasil memenangi partai replay dengan skor 3-0. Gelar pertama Los Indios di Eropa.

Piala Winners 1962/1963

Musim 1962/1963, Atletico sebagai juara bertahan, sukses kembali ke final. Namun, kali ini mereka harus mengakui kekuatan Tottenham Hotspur. Wakil Inggris menghantam Rojiblancos 5-1 di R0tterdam. Terry Dyson dan Jimmy Greaves menjadi pahlawan Spurs dengan masing-masing mencetak dua gol.

European Cup 1973/1974

Butuh waktu lama bagi Atletico untuk mencapai final kejuaraan Eropa. Tepatnya, 11 tahun. Kali ini di ajang yang lebih bergengi, European Cup. Partai ini sendiri seperti menjadi karma bagi Rojiblancos. Dalam laga tanggal 15 Mei 1974, di Stadion Heysel, Atletico cuma bisa bermain imbang 1-1 dengan Bayern Muenchen. Otomatis, laga harus diulang. Dua hari kemudian, Muenchen seperti menjadi klub yang berbeda ketika mengaramkan Atletico 4-0.

Piala Winners 1985/1986

Partai final Eropa berikutnya, datang lebih lama lagi. Atletico mesti menahan rindu selama 12 tahun. Barulah mereka mencicipi final ketiga di Piala Winners. Sayang, kali ini mereka kembali harus menjadi tim spesialis runner-up di musim 1985/1986. Berhadapan dengan Dynamo Kiev di Stade de Gerland, Lyon, Rojiblancos dibungkus 3-0.

Europa League 2009/2010

Atletico Madrid 4

Dua tahun lalu, setelah puasa 24 tahun, final Eropa datang lagi. Kali ini di ajang segar Europa League, kelanjutan Piala UEFA. Atletico berusaha lari dari takdir menjadi runner-up Eropa selama tiga kali berturut-turut. Dan, Diego Forlan menjawab kutukan dengan dua gol. Sepasang tembakannya mengakhiri kekeringan prestasi Atletico 48 tahun di Eropa. Di final, Atletico mengandaskan Fulham 2-1.

Kini, di final keenam di tingkat Eropa, seperti apakah keadaan Atletico Madrid? Mampukah mereka menekuk Athletic Bilbao yang lebih difavoritkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda