Scroll to Top

Real Madrid Klub Terbanyak Menang dan Tersubur di Liga Champions

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 28 Apr 2012

Liga Champions

Liga Champions musim ini memiliki keunikan tersendiri. Andai jumlah poin keempat semifinalis digabungkan, Real Madrid tercatat sebagai klub dengan perolehan poin terbanyak; sekaligus terbanyak meraup kemenangan. Urusan mencetak gol pun demikian, Real Madrid adalah tim tersubur bersama Barcelona dengan 35 gol.

Tim dengan perolehan kemenangan tersedikit adalah Chelsea dengan 7 kemenangan. The Blues memang terseok-seok di awal-awal perjalanan Liga Champions. Mereka cuma meraih 3 kemenangan di fase penyisihan grup. Namun, sejak kemenangan 4-1 atas Napoli, atau tepatnya setelah Roberto Di Matteo ditunjuk sebagai caretaker, Chelsea belum pernah kalah. Rekor bersama mantan pemain The Blues era akhir 1990-an adalah 4 kemenangan dan sekali seri.

Bayern Muenchen ada di peringkat ketiga dengan 8 kemenangan. FC Holywood tercatat tiga kali tumbang, saat melawan Real Madrid (2-1), Basel (1-0), dan ketika melepas laga versus Manchester City (2-0). Sebenarnya, jika babak kualifikasi dihitung, Muenchen mencatat 9 kemenangan pula seperti Real Madrid; namun dari 14 pertandingan.

Barcelona ada di peringkat kedua. El Barca meraih 8 kemenangan, 3 hasil imbang, dan sekali terjungkal. Sayangnya, hasil buruk justru terjadi di akhir-akhir kompetisi. Dalam 4 laga terakhir di Liga Champions, Barcelona cuma meraih 1 kemenangan, 2 hasil seri, dan 1 kekalahan.

Real Madrid 2

Real Madrid memang tersingkir. Namun, dari segi perolehan poin mereka yang paling fantastis. Madrid cuma dua kali kehilangan angka, yaitu saat ditahan imbang 1-1 oleh CSKA Moskwa di Rusia dan kalah 2-1 oleh Muenchen di Allianz Arena. Selebihnya, dalam 10 partai lain, Los Blancosmenang. Hal ini juga diimbangi dengan produktivitas gol mereka yang mengerikan, 35 gol. 19 dibuat di babak penyisihan; 16 di babak sistem gugur.

Barcelona tak mau kalah untuk urusan kesuburan. Blaugrana mencatatkan jumlah serupa, 35 gol. 20 di babak penyisihan, 15 di babak sistem gugur. Namun, lagi-lagi mereka terseok di empat partai sisa. Lionel Messi dkk. hanya mencetak 5 gol dari 4 laga tersebut.

Cukup unik karena jika kita melihat klasemen keempat tim, Chelsea dan Bayern Muenchen adalah yang terbawah. Namun, nyatanya statistik tidak selamanya mutlak. Real Madrid dan Barcelona, dua tim yang lebih banyak menang dan mendulang gol, malah gagal tiba di Jerman.

M M S K SG POIN
Real Madrid 12 10 1 1 35-9 31
Barcelona 12 8 3 1 35-10 27
Bayern Muenchen 12 8 1 3 25-10 25
Chelsea 12 7 3 2 24-11 24

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda