Scroll to Top

Penyakit Kronis Yang Bisa Menyerang Saat Usia Muda

By C Novita / Published on Saturday, 28 Apr 2012

sakit kronis

Saat ini, berbagai penyakit parah tidak hanya identik dengan mereka yang usianya telah senja. Ada banyak sekali penyakit kronis yang telah menyerang saat seseorang masih usia muda. Hal ini terjadi karena adanya perubahan gaya hidup yang kian tidak sehat melanda kaum muda di perkotaan.

Berikut adalah beberapa penyakit yang kerap diidap oleh para pemuda, serta cara menghindarinya seperti dikutip dari Foxnews

1. Osteoporosis

Ini merupakan penyakit pengeroposan tulang yang disebabkan oleh kekurangan kalsium serta vitamin D. Jadi, perbanyak konsumsi kalsium dan suplemen vitamin D. Rajin berolahraga untuk melatih otot menjadi kuat juga dapat menghindarkan dari penyakit ini, sebab otot yang kuat mampu menopang tubuh, tidak semata tergantung pada tulang untuk menopang.

2. Stroke

Stroke banyak menimpa kaum muda sebab kebiasaan merokok dan mengkonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi. Kurang berolahraga bahkan sekedar joging pun membuat resiko stroke usia muda banyak terjadi.

3. Kanker Payudara

Bagi kebanyakan wanita, berolahraga secara teratur, tetap langsing, dan membatasi alkohol bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara. Namun jika secara genetik keluarga Anda ada yang menderita penyakit ini, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau melakukan penanganan sedini mungkin jika terdapat tanda-tanda awal kanker.

4. Alzheimer

Penyakit ini adalah salah satu bentuk kepikunan yang biasanya adalah gejala dari penuaan. Mencegahnya bisa dengan cara menggunakan bagian otak yang jarang digunakan. Misalnya dengan mempelajari bahasa lain, mengerjakan teka-teki silang, atau belajar alat musik.

5. Diabetes

Pola makan yang tinggi kalori, serta faktor keturunan bisa jadi penyebab penyakit ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda