Scroll to Top

Ubuntu Linux 12.04 LTS Precise Pangolin Dirilis

By Ditya / Published on Saturday, 28 Apr 2012

Ubuntu 1204

Para pengembang sistem operasi open source Ubuntu telah mengumumkan rilis terbaru sistem operasi mereka, Ubuntu 12.04 dengan kode rilis Precise Pangolin.

Rilis terbaru ini membawa perbaikan dan paket perangkat lunak yang telah diperbarui serta perubahan tampilan antar muka pengguna.

Ubuntu 12.04 ini adalah termasuk rilis LTS (Long Term Support) atau dukungan jangka panjang hingga 3 tahun untuk versi desktop dan 5 tahun untuk versi server. Jika Ubuntu rilis reguler, dukungan hanya diberikan Canonical hingga 18 bulan saja.

Rilis Ubuntu 12.04 ini adalah rilis LTS pertama yang akan menerima dukungan jangka panjang hingga 5 tahun, sebelumnya LTS versi desktop hanya mendapat dukungan hingga 3 tahun saja.

Ubuntu 12.04 ini menggunakan lingkungan desktop Unity yang telah dipakai oleh Ubuntu sejak versi 11.04 dan pada rilis baru ini mengalami banyak perubahan.

Perubahan yang paling signifikan dari Ubuntu 12.04 Precise Pangolin ini adalah penambahan HUD (Head-Up Display) menu yang memudahkan pengguna untuk mengakses menu, pengguna hanya cukup menekan satu tombol untuk mengaktifkan HUD dan mulai mengetik apa yang akan dilakukan pengguna.

Perangkat Lunak Ubuntu 12.04

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, Ubuntu 12.04 membawa perubahan pada jajaran aplikasi yang telah terinstall secara default di distro populer ini.

Pada software pemutar musik, Ubuntu 12.04 kembali menggunakan Rhytmbox untuk menggantikan Bansee yang telah dipakai Ubuntu sejak rilis versi 11.04.

Ubuntu 12.04 juga memanjakan pengguna kantoran dengan membawa versi terbaru dari software office open source, LibreOffice. Ubuntu juga memperbaiki dukungan terhadap hardware untuk kompatibilitas yang lebih baik.

Varian Rilis Ubuntu 12.04

Ubuntu tersedia dengan berbagai pilihan lingkungan desktop seperti KDE (Kubuntu) dan LXDE (Lubuntu) namun pengembang mengumumkan bahwa Kubuntu 12.04 adalah rilis terakhir dari Kubuntu yang didukung oleh Canonical.

Ubuntu tersedia untuk platform desktop maupun server serta mendukung arsitektur 32 maupun 64bit.

Anda penasaran inin mencoba rilis terbaru dari distro populer Ubuntu 12.04? Siliahkan unduh disini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda