Scroll to Top

Microsoft Mematenkan Layar Ganda Yang Bisa Dilepas

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 12 Jul 2011

Akhir-akhir ini banyak paten diklaim perusahaan besar dunia, misalkan dari Apple, Microsoft seperti tidak mau ketingggalan, Microsoft mematenkan sesuatu yang mungkin terlihat lumrah di cerita/film sains fiksi. Perusahaan Redmond ini telah mengajukan paten terhadap perangkat dual-screen dengan tampilan/display yang bisa dilepas. Meski mungkin tidak dibuat dalam waktu dekat ini, namun perangkat semacam itu tidaklah terlalu jauh di angan-angan dan mungkin sudah dilepas ke pasar di masa yang akan datang.

Konsep perangkat layar ganda semacam ini bukanlah barang baru. Kyocera Echo dan tablet Sony S2 memiliki fungsi layar ganda tapi tentunya tidak bisa lepas pasang layaknya paten Microsoft ini. Dari paten Microsoft ini dijelaskan bahwa konten dari masing-masing layar sering berubah seiring hubungannya satu sama lain. Dua layar kecil bisa bekerja sebagai satu layar besar atau sebagai layar terpisah yang menawarkan fungsi berbeda. Layar kedua bisa digunakan sebagai pengendali/remote control untuk layar pertama.

Jika anda suka berbicara di telepon sambil menggunakan Google Maps, maka perangkat semacam ini sangat membantu. Anda cukup menempelkan ponsel anda ke telinga anda, dan layar yang lain bisa untuk melihat Google Map.

Seperti yang dikutip dari Geek, meski sebenarnya belum terlalu jelas apakah paten ini akan diterapkan untuk ponsel, namun memang kemungkinan besar begitu. Paten tersebut juga menunjukkan bahwa layar sekunder bisa ditaruh pada tempat khusus (semacam alat untuk menaruh iPod/iPhone anda), jadi anda tidak harus menggunakan kedua layar terus menerus. Contoh dari paten menunjukkan layar sekunder sedikit lebih kecil dan bisa juga digunakan sebagai remote, tak hanya untuk ponsel anda tapi juga perangkat sekitar rumah misalkan TV.

Diyakini perangkat ini akan dirancang lebih ramping. Ini baru paten saja, tapi tetap saja menarik untuk dinantikan kehadirannya di masa depan nanti. Namun karena perangkat dengan layar ganda semacam ini memang sudah ada di pasaran jadi mungkin kehadirannya tidak terlalu mengagetkan.

Disini ada contoh bagaimana konsep Microsoft tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda