Scroll to Top

Di “bully” Di Facebook, Remaja Ini Lapor Polisi

By Ditya / Published on Monday, 30 Apr 2012

Fake Alex Boston

Sebaiknya kita hati-hati dengan apa yang kita lakukan di jejaring sosial seperti Facebook agar tidak timbul masalah seperti yang terjadi di Georgia.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica, seorang remaja Georgia memutuskan melaporkan dua teman sekelasnya ke polisi setelah dirinya di “bully” lewat situs jejaring sosial populer, Facebook.

Alex Boston, remaja 14 tahun ini bersama orang tuanya melaporkan 2 orang teman sekelasnya serta kedua orang tua mereka dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Kedua teman sekelasnya tersebut disuga telah mebuat akun palsu di Facebook atas nama Alex Boston dengan menggunakan foto dirinya yang telah di edit dan dibuat “gemuk”.

Akun tersebut juga digunakan untuk mengirim video yang bersifat rasis ke YouTube yang menyiratkan bahwa Alex Boston membenci orang keturunan Afrika-Amerika.

Tak hanya itu, akun Facebook palsu itu juga digunakan untuk meninggalkan komentar-komentar kasar di halaman Facebook teman lain dan menunjukan bahwa ia aktif melakukan seks bebas dan merokok ganja.

“Semua hal itu tidak benar dan mereka tahu bahwa mereka melakukan hal yang tidak benar,” kata Natalie Woodward, pengacara Alex Boston.

Orang tua terdakwa juga tak luput dari jeratan hukum karena merekalah yang membayar akses internet dan mereka dianggap gagal dalam mengawasi kegiatan anaknya di internet.

Polisi di Georgia menyarankan orangtua Alex Boston untuk mengajukan keluhan ke Facebook terkait akun palsu agar dinonaktifkan, namun karena tidak ada tanggapan dari Facebook, orangtuanya memutuskan membawa kasus tersebut ke polisi.

Kasus ini bisa menjadi pelajaran bagi para orangtua agar selalu mengawasi kegiatan anak-anaknya di internet agar tidak terjadi masalah serupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda