Scroll to Top

Kulit Apel Cegah Atrofi

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 13 Jul 2011

buah-appleAda penyakit yang dapat menimpa otot kita, yaitu atrofi. Atrofi merupakan pelemahan otot dapat terjadi akibat efek dari berbagai penyebab. Misalnya kelaparan, kanker, diabetes, dan AIDS. Belum ditemukan obatnya hingga saat ini, meskipun atrofi masuk ke dalam jenis penyakit umum.

Namun, penelitian yang dilakukan Dr. Chris Adam dari Universitas Iowa dan rekannya, membawa angin segar untuk solusi atrofi. Mereka menguji zat kimia asam ursalik yang dikandung kulit apel, ke dalam makanan tikus. Sebelumnya, tikus tersebut dikondisikan untuk mengalami atrofi. Hasilnya, otot-otot tikus percobaan itu membesar.

Otot mereka tumbuh dan lebih kuat. Tetapi yang lebih menarik adalah walaupun ototnya membesar, tikus tersebut beratnya tetap,” kata Adam seperti dikutip VOA News.

Namun, Adam dan timnya belum meneliti apakah efek yang terjadi pada tikus ini akan berakibat sama pada otot manusia. Kemungkinan juga akan berkhasiat sama terhadap manusia. Jadi tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi apel untuk kebaikan otot Anda. Selain pada kulit apel, asam urselik ditemukan pula pada kulit buah pir dan berry yang juga dipakai sebagai obat diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda