Scroll to Top

Amazon Kindle Fire Kini Menjadi Tablet Android No 1 Di Dunia

By Ditya / Published on Monday, 30 Apr 2012

Kindle Fire

ComScore baru-baru ini menerbitkan data yang menunjukan bahwa tablet Android besutan Amazon, Kindle Fire, telah mendominasi tablet berbasis Android.

Akhir Februari 2012, tablet besutan Amazon ini menyumbang 54 persen dari seluruh penjualan tablet Android, sementara samsung dengan seri Galaxy Tab menduduki posisi kedua dengan 23 persen dari seluruh penjualan.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, keberhasilan Amazon Kindle Fire tidak mengherankan, karena Amazon Kindle Fire mampu menjadi alternatif dari iPad dengan harga yang lebih murah.

Kindle Fire tak hanya menawarkan harga yang murah, namun Kindle Fire memiliki kelebihan di sisi konten karena luasnya ekosistem konten yang ditawarkan oleh Amazon.

Peningkatan penjualan tablet Amazon Kindle Fire secara langsung ikut mendongkrak sistem operasi Android di persaingan pasar mobile.

Agak berbeda dengan tablet Android lainnya, Amazon memiliki toko aplikasi sendiri dan menggunakan basis Android 2.3 Gingerbread dengan perubahan di berbagai sisi untuk mengurangi kontrol Google pada perangkat lunak Android pada Kindle Fire.

Sampai saat ini belum jelas apakah Amazon akan mengupgrade basis sistem operasi ke Android 4 atau tidak, namun tidak semua aplikasi Android kompatibel dengan Kindle Fire.

Jika Google ingin mempertahankan varian Android yang dikembangkannya, maka Google harus meniapkan sebuah tablet untuk bersaing dengan Kindle Fire. Google sendiri sudah menyiapkan tablet murah, Google Nexus tablet.

Meski Google dan Amazon Kindle Fire sama-sama menggunakan Android, namun keduannya agak berbeda, masing-masing memiliki ekosistem konten sendiri, hal inilah yeng memicu persaingan.

Google baru-baru ini mulai memperkuat ekosistem kontennya agar dapat bersaing dengan Amazon, peluncuran Google Play adalah salah satu langkah Google untuk mendominasi tablet Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda