Scroll to Top

Menggunakan Microwave Bikin Kanker?

By C Novita / Published on Monday, 30 Apr 2012

microwave

Microwave adalah salah satu alat masak yang kerap digunakan oleh sebagian masyarakat di perkotaan. Namun, akibat mitos yang beredar bahwa microwave bisa jadi penyebab penyakit kanker, maka mereka yang telah memiliki microwave pun ragu untuk sering menggunakannya.

Benarkah hal tersebut? Dan mitos apa lagi yang ada seputar alat masak yang menggunakan gelombang micro itu? Berikut penjelasannya seperti dilansir Goodhousekeeping.

  • Microwave menyebabkan kanker

Ternyata hal ini tidak terbukti. Microwave bekerja menggunakan gelombang elektromagnetik yang energinya hanya berfungsi untuk mematangkan makanan saja. Bahkan, energi gelombang ini tidak lebih besar bahayanya dari sinar matahari yang sampai di Bumi. Saat pintu microwave dibuka, maka aliran gelombang tersebut pun akan berhenti.

  • Jangan masukan logam dalam microwave

Ini pun tidak sepenuhnya benar. Aluminium foil adalah salah satu jenis logam yang boleh dimasukan dalam microwave. Dan ia berfungsi untuk mencegah beberapa jenis makanan cepat matang di bagian luar, dan masih mentah di bagian dalam.

Biasanya dalam buku petunjuk pemakaian tertulis jenis logam apa saja yang tidak boleh dimasukan dalam microwave.

Terkadang, saat sedang memasak makanan yang mengandung banyak cairan misalnya sayur, maka butuh waktu yang lama untuk menunggunya matang. Atau saat sedang memasak daging, maka bagian luar telah matang sementara bagian dalamnya belum.

Oleh karena itu, disarankan saat sedang memasak untuk sesekali mematikan microwave dan mengaduk makanan yang sedang dimasak. Ini akan membantu meratanya panas yang tersebar, dan mempercepat matangnya makanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda