Scroll to Top

Nvidia Perkenalkan GeForce GTX 690, Kartu Grafis Tercepat Di Dunia!

By Ditya / Published on Monday, 30 Apr 2012

GeForce_GTX_690

Pada acara Game Festival yang dilaksanakan di Shanghai, China, Jen-Hsun Huang, pendiri sekaligus CEO NVIDIA mengumumkan kehadiran kartu grafis monster tercepat di dunia, GeForce GTX690.

GeForce GTX690 ini adalah kartu grafis dual GPU (Graphic Processing Unit) dimana terdapat dua chip grafis dalam satu papan PCB dan diklaim sebagai kartu grafis tercepat di dunia.

Kartu grafis atau sering disebut sebagai VGA (Video Graphic Array) card ini adalah perangkat dalam komputer yang berfungsi untuk mengolah grafis seperti game dan desain grafis 3D atau 2D.

Kartu grafis tercepat besutan Nvidia ini didukung 2 buah chip Kepler GK104 yang memiliki 3072 CUDA core yang mampu menghasilkan performa gaming dan komputasi yang luar biasa.

Secara umum, GeForce GTX690 ini seperti gabungan 2 buah GTX680 dengan konfigurasi SLI (Scalable Link Interface) namun hanya menggunakan sebuah papan PCB yang dihubungkan melalui chip PLX bridge dan menggunakan slot PCI-E 3.0.

Setiap chip GPU ini didukung oleh memori GDDR5 sebesar 2GB sehingga total kapasitas memori kartu grafis ini mencapai 4GB GDDR5 serta keceparan core GPU hingga 1Ghz.

GeForce_GTX_690_PCB

GeForce GTX690 ini menggunakan sepasang konektor power 8 pin dengan konsumsi daya hingga 300W, cukup sesuai untuk kartu grafis kelas monster seperti ini.

“GeForce GTX690 benar-benar sebuah karya seni cantik dari luar, namun memiliki kinerja gaming dahsyat di dalamnya. Gamer akan dapat bermain game dengan menggunakan beberapa layar resolusi tinggi dengan setting detail tertinggi untuk merasakan pengalaman game yang lebih nyata,” kata Brian Kelleher, wakil presiden senior teknih Nvidia.

Seperti yang dikutip dari LegitReview, kartu grafis tercepat didunia ini akan dibandrol dengan harga $999 atau sekitar 9 jutaan.

Bagi gamer yang menginginkan karu grafis ini harap bersabar, GeForce GTX690 diperkirakan tersedia di pasar sekitar pertengahan Mei tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda