Scroll to Top

Jose Mourinho: The Special Four

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 01 May 2012

Jose Mourinho 3

Pertengahan pekan ini Jose Mourinho kemungkinan mendapatkan gelar baru. Ia bukan lagi The Special One, tetapi berubah menjadi The Special Four. Ya, jika mampu menaklukkan tuan rumah Athletic Bilbao, Jose Mourinho tercatat mampu memenangkan liga di empat negara Eropa.

Merebut gelar liga Eropa dimulai pelatih kelahiran Setubal ketika ia menangani Porto, klub ketiga yang diasuhnya. Bersama Porto, Liga Portugal dimenanginya pada musim 2003/2004. Mou ketika itu sukses membawa timnya unggul 8 poin dari peringkat kedua, Benfica, di klasemen akhir.

Tak hanya sukses di kompetisi domestik, Jose Mourinho pun menaklukkan Eropa. Porto menaklukkan sesama kuda hitam, AS Monaco, di final Liga Champions musim yang sama; sekaligus membuat mata sayu Roman Abramovich melihat gelar demi gelar Chelsea akan dipersembahkan sang pelatih eksentrik.

Musim berikutnya, The Blues dibawa Jose Mourinho menyabet gelar juara liga pertama dalam 50 tahun terakhir. 95 poin didapatkan Chelsea, sebuah hasil yang sudah ditandai ketika pasukan bergelimang uang menundukkan Manchester United di pekan pertama musim 2004/2005 dengan skor 1-0.

Jose Mourinho 4

Mou masih mendapatkan satu gelar juara liga lagi bersama Chelsea (2005/2006) sebelum akhirnya bersitegang dengan King Roman. Menghilang kurang dari setahun, Italia menjadi korban penaklukannya.

Internazionale dibawa meraih gelar dua kali berturut-turut (2008/2009 dan 2009/2010). Setelah mendapat scudetto dengan terpaut 10 angka dari peringkat kedua pada musim pertama, Mou tetap sukses di musim berikutnya. Pada akhir musim 2009/2010, Santiago Bernabeu yang ketakutan dengan dominasi Barcelona, mencari sosok penyelamat. Maka, The Special One pun ditunjuk untuk menghentikan kekuatan tim dari planet lain.

Musim pertama memang dilalui dengan tidak menyenangkan. Ambisi Florentino Perez meraup La Liga dan Liga Champions dikandaskan oleh sang rival abadi. Tapi, tidak di musim kedua. Meski tersingkir di Liga Champions, Real Madrid tengah berada dalam jalur meraih gelar juara: membuktikan mitos yang dibuat Jose Mourinho sendiri: ia selalu sukses di musim keduanya menangani sebuah tim.

Liga Portugal, Liga Inggris, dan Liga Italia. Semua berhasil ditaklukkan Jose Mourinho. Kamis nanti ia akan menginvasi Katredal bernama San Mames untuk mencari penaklukan lain: Liga Spanyol yang dalam tiga tahun terakhir hanya mempunyai nama Barcelona sebagai juara.

(Marca/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda