Scroll to Top

Hari Buruh May Day Akan Diwarnai Aksi Unjuk Rasa

By Ika / Published on Tuesday, 01 May 2012

Demo Buruh

Hari ini, tepatnya tanggal 1 Mei 2012, seluruh buruh di berbagai belahan dunia memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day. Tak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Hari Buruh di Indonesia tampaknya tetap akan diwarnai oleh aksi unjuk rasa.

Organisasi buruh yang ada di Depok, Jawa Barat, dikabarkan akan mengadakan aksi demo di Jakarta. Tak hanya itu saja, Federasi Pekerja Metal Indonesia juga mengerahkan setidaknya 500 buruh untuk bergabung dengan buruh lainnya di Jakarta dan melakukan unjuk rasa.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak kepolisian pun sudah mempersiapkan para personelnya untuk berjaga-jaga. Namun Komisaris Suratno selaku Kepala Bagian Operasi Polres Kota Depok menuturkan bahwa mereka akan berusaha mengawal para buruh tersebut dari Depok untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami mengawal mereka sejak berangkat, di Jakarta, sampai kembali ke Depok, itu hak buruh. Namun kami mengharap tidak melakukan tindakan anarkis dan tidak membawa atribut yang bukan untuk demonstrasi,” ujar Komisaris Suratno.

Sementara itu di tempat lain juga tak lepas dari aksi serupa. Di Riau, Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) akan menggelar aksi damai dengan menurunkan 3.000 anggotanya yang nantinya terfokus di di Kantor DPRD dan Kantor Gubernur Riau. Namun SBSI Riau menjamin bahwa aksi damai mereka akan jauh dari hal-hal anarkis.

Sementara itu Menakertrans Muhaimin Iskandar mengutarakan bahwa Pemerintah memberi ‘kado’ bagi para buruh di hari ini. Di antaranya adalah peningkatan batas Pendapatan Tidak Kena Pajak, pembangunan RS bagi buruh, transportasi murah bagi buruh di kawasan industri, serta pembangunan rumah bagi buruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda