Scroll to Top

Stres Urusan Duit Picu Masalah Jantung

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 01 May 2012

stress

Stres memikirkan uang sama beratnya seperti stres karena kerjaan. Keduanya punya efek buruk buat kesehatan. Studi terbaru mengatakan, stres urusan finansial ini membawa risiko serangan jantung, maag, migrain, nyeri punggung, dan sebagainya.

Stres dalam hal ini bisa terkait karena kepemilikan utang yang belum lunas ataupun memang kesulitan finansial untuk mencukupi kebutuhan. Bahkan, orang yang stres akibat finansial punya risiko kena serangan jantung dua kali lebih tinggi dibanding stres dengan alasan lain.

Associated Press dan AOL dalam survey-nya menemukan, mereka mendapati banyak orang mengeluhkan masalah pencernaan akibat stres urusan keuangan. Persentasenya mencapai 27 persen. Sedangkan, mereka yang mengalami masalah pencernaan karena urusan lain hanya ada 8 persen.

Selain itu, ada 44 persen orang yang stres karena keuangan mengalami migrain. Sedangkan, yang tidak mengalami masalah keuangan hanya ada empat persen yang alami migrain.

Rasa depresi 23 persen dialami orang yang mengalami tekanan keuangan. Hanya empat persen yang depresi bukan karena tekanan keuangan. Selain itu, 65 persen orang yang mengalami stres tinggi akibat keuangan mengalami sakit punggung dan otot tegang.

Solusi mengatasi masalah ini adalah seseorang harus mau merencanakan keuangan mereka. Pendapatan dan pengeluaran bisa diatur sendiri, sehingga membuat seseorang lebih mudah mengatasi stres finansial dan percaya diri mengahadapi a urusan keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda