Scroll to Top

Manfaat Pisang Yang Perlu Diketahui

By C Novita / Published on Tuesday, 01 May 2012

pisang

Pisang tidak hanya mudah dijumpai diberbagai daerah, namun juga murah dan banyak manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat pisang yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir Lifescript.

  • Melancarkan peredaran darah

Pisang punya banyak kandungan kalium dan potasium. Zat ini fungsinya adalah membantu sistem sirkulasi tubuh, hingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Kalium juga membantu denyut jantung menjadi teratur.

Selain itu, pisang juga mengurangi resiko terjadinya stroke dan mengatur tekanan darah agar normal.

  • Menyehatkan usus

Manfaat pisang yang lain adalah menyehatkan usus dengan menghilangkan sembelit. Pisang punya kandungan serat yang mampu mempertahankan dan memulihkan kesehatan usus. Jadi, dari pada menggunakan obat pencahar, lebih baik mengkonsumsi pisang.

  • Meningkatkan kesehatan otak

Pada sebuah penelitian dengan responden 200 orang siswa, pengaruh konsumsi pisang terhadap tingkat konsentrasi dikorelasikan. Hasilnya, pelajar yang memakan pisang 3 kali sehari sebagai pencuci mulut terlihat mengalami peningkatan konsentrasi dan daya tangkap.

  • Mengobati bekas gigitan nyamuk

Jika di kulit Anda terdapat bentol bekas gigitan nyamuk, maka Anda bisa oleskan sedikit kulit pisang bagian dalam ke bentol kulit tersebut. Ia akan mengurangi gatal dan merahnya.

  • Mengurangi¬†derita sakit bulanan pada wanita

Bagi Anda yang kerap mengalami sakit perut saat sedang menstruasi, maka mengkonsumsi pisang bisa meringankan derita Anda. Kandungan vitamin B6 dalam pisang cukup tinggi hingga membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang merusak mood dan membuat sakit bulanan berkurang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda