Scroll to Top

Peneliti Temukan Cara Deteksi Kanker Lewat Darah

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 01 May 2012

tes darah

Selain biopsi, baru-baru ini peneliti di Inggris menemukan cara untuk mendeteksi kanker dengan hanya melakukan tes darah. Peneliti melakukan pengetesan untuk kanker payudara. Diiduga kuat ada kaitan antara munculnya kanker dengan perubahan molekul di gen sel darah putih.

Dr. James Flanagan, dari Imperial College London, mengatakan, ada persamaan gen dalam penelitian itu yang bisa dikembangkan untuk penelitian lebih lanjut. Dalam gen terdapat informasi yang bisa digunakan untuk mendiagnosa seberapa besar seorang wanita berisiko mengalami kanker payudara.

Untuk keperluan ini, telah diuji 1.380 sampel darah dari wanita berbagai umur. Ada 640 wanita yang menderita kanker payudara. Dikutip BBC, sampel darah yang banyak mengalami perubahan gen diduga punya risiko tinggi mengalami kanker. Kemungkinannya mencapai dua kali lipat.

Peneliti mengatakan, pemeriksaan dini terhadap darah ini sebaiknya dilakukan. Karena, dengan mengetahui potensi risiko terkena kanker, seseorang akan lebih berhati-hati dalam menjaga gaya hidupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda