Scroll to Top

Lebih Sehat Mana, Telur Rebus atau Telur Goreng?

By C Novita / Published on Wednesday, 02 May 2012

telur rebus

Telur adalah makanan yang mengandung nilai gizi tinggi, vitamin A dan juga zat besi. Harganya pun sangat terjangkau untuk kantung semua kalangan. Namun ada yang mengatakan bahwa telur rebus lebih bergizi dari pada telur goreng atau orak-arik. Benarkah demikian?

  • Telur rebus

Cara memasak telur rebus adalah dengan meletakkan seluruh bagian telur ke dalam air, dan membiarkannya menjadi masak seiring mendidihnya air. Bagian putih dan bagian kuning telur akan mengeras jika telur telah matang.

Kandungan kalori dalam sebutir telur rebus ukuran biasa adalah sekitar 77 kalori. Lemaknya 5 gr dan 2 gr nya adalah lemak jenuh. Protein telur rebus hampir sama dengan telur goreng, yaitu 6 gr. Demikian juga kandungan kalsium, 2-3 gr pada kedua nya. Riboflavin, vitamin B12, dan fosfor, serta beberapa jenis mineral lainnya pun hampir sama.

  • Telur goreng

Banyak yang mengatakan bahwa kandungan kolesterol pada telur goreng lebih tinggi, sebab ia digoreng menggunakan minyak. Faktanya, nilai kolesterol dalam telur rebus atau telur goreng hampir sama, yaitu 210 mg. Yang tinggi adalah kandungan kalori dari telur goreng, yaitu sampai 90 kalori. Lemak jenuhnya pun lebih tinggi sedikit dari telur rebus.

The American Heart Association menyarankan untuk diet jantung sehat, batasan mengkonsumsi kolesterol adalah 300 mg. Jadi, dengan mengkonsumsi 1 butir telur per hari, entah direbus atau digoreng, sudah cukup memenuhi kebutuhan tubuh pada kolesterol baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda