Scroll to Top

Anda Mencari Pekerjaan? Cobalah Media Sosial!

By Aisyah Indarsari / Published on Wednesday, 13 Jul 2011

job-searchAda berita menarik untuk Anda yang saat ini sedang mencari pekerjaan. Perhimpunan Manajemen Sumber Daya Manusia (Society for Human Resources Management-SHRM) seperti yang dikutip dari jobsearch.about.com melaporkan bahwa terjadi peningkatan jumlah perusahaan yang menggunakan situs media sosial termasuk LinkedIn, Facebook dan  Twitter untuk melakukan recruitment pegawai. Kenaikannya cukup signifikan, dari 34% di tahun 2008, naik menjadi 56% sampai pertengahan tahun 2011 ini.

Sebagai tambahan hasil polling yang dilakukannya, diketahui bahwa situs LinkedIn adalah situs yang paling sering digunakan perusahaan-perusahaan tersebut, disusul oleh Facebook, lalu Twitter dan kemudian situs asosiasi profesional. Jadi, jika Anda mempunyai target untuk bekerja di perusahaan global, kenali LinkedIn, buat akun Anda se-profesional mungkin, dan aktiflah mencari informasi pekerjaan dengan akun Anda.

Ada beberapa keuntungan bagi perusahaan yang melakukan recruitment melalui media sosial. Salah satunya adalah low cost, atau bahkan nyaris tanpa biaya. Meskipun demikian, dengan pengguna media sosial yang jumlahnya luar biasa, dan hampir ada di seluruh negara dan seluruh lapisan masyarakat, informasi yang disebarkan bahkan akan lebih luas jangkauannya jika dibandingkan dengan jika memasang iklan di surat kabar. Walaupun memang, media ini akan kurang cocok digunakan untuk mencari karyawan di level eksekutif,akan tetapi perusahaan kecil dan sedang berkembang atau perekrutan karyawan dibidang teknologi informasi khususnya, cocok sekali jika memanfaatkan media ini.

Sebagai tambahan informasi, berikut daftar 10 perusahaan besar yang aktif melakukan recruitment melalui media social seperti yang dilaporkan oleh collegejobconnect.com:

1.       Nokia

2.       RedFox

3.       Google

4.       CH2M Hill

5.       Facebook

6.       Starbucks

7.       IBM

8.       Adidas

9.       U.S. Army

10.   Unilever

Anda pesimis dengan nama-nama besar tersebut? Masih ingin mencari pekerjaan lokal? Bukalah cakrawala Anda. Berfikirlah global dan gali potensi yang Anda miliki. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda