Scroll to Top

Ketika Tito Vilanova Berseteru Dengan Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 02 May 2012

Tito Vilanova

Tito Vilanova sudah dipastikan sebagai pelatih Barcelona musim 2012/2013. Banyak yang kemudian melacak sejarah mantan pemain Barcelona B ini. Salah satu yang menarik, adalah ketika pemain bernama lengkap Francesc Vilanova i Bayo ini harus datang ke Camp Nou berseteru dengan Barcelona pada musim 1992/1993.

Karier Tito Vilanova sebagai pemain, bukanlah sesuatu yang bisa dibandingkan dengan Pep Guardiola. Ketika Pep menjadi tulang punggung The Dream Team Barcelona pada awal 1990-an, Tito malah tak mampu menembus persaingan ketat menuju tim senior Barcelona. Keputusan penting pun dibuat sang gelandang bertinggi 178 cm. Ia hijrah ke Figueres, klub yang saat itu berkutat di Segunda Division, selama dua musim sepanjang 1990-1992.

Bermain reguler untuk Figueres, tibalah kesempatan Tito untuk kembali ke Primera Division. Bukan bersama mantan klubnya, melainkan dengan Celta Vigo. Klub asal Vigo, Galicia, resmi mengontrak Vilanova sejak musim 1992/1993.

Barangkali tidak akan ada yang memperhatikan pertandingan Barcelona vs Celta Vigo pada pekan 16 musim tersebut. Tanggal 3 Januari 1993, untuk pertama kalinya Tito kembali ke Camp Nou dalam pertandingan Primera Division.

Duel Barcelona vs Celta Vigo tanggal tersebut, akan menjadi partai klasik jika ditengok dari kekinian. Barcelona menurunkan Andoni Zubizarreta, kiper yang kini menjadi direktur sepakbola klub Catalan. Ada pula Pep Guardiola yang kelak menjadi pelatih terbaik Barcelona sepanjang masa; setidaknya hingga tiga tahun ke depan.

Tito Vilanova 2

Di Celta Vigo, seorang pemuda berusia 22 tahun sempat duduk di bangku cadangan. Namun, akhirnya Vilanova muda menapaki rumput Camp Nou ketika menggantikan Francisco Agirretxu di menit 58. Maka, terjadilah duel yang kini bisa disebut sebagai “duel para petinggi Barcelona”.

Sayang, dalam pertandingan tersebut, Vilanova tak bisa berbuat banyak. Klubnya kalah 2-0 lewat gol-gol Miguel Angel Nadal (36′) dan Richard Witschge (43′).

Selang dua tahun, Vilanova kembali datang ke Camp Nou bersama Celta Vigo. Lagi-lagi ia turun sebagai pengganti. Dalam laga pekan 33 musim 1994/1995, Tito tampil menggantikan Juan Sanchez di menit 83.

Keadaan membaik karena Celta berhasil menahan imbang El Barca, yang menurunkan banyak pemain cadangan, dengan skor 1-1. Sayang, kali ini ia tidak lagi berduel dengan Pep dan Zubizarreta yang tidak ada dalam daftar pemain yang diturunkan Johan Cruyff.

Kini, siapa yang menyangka, pemain yang 19 tahun lalu datang dari bangku cadangan Celta Vigo, menaklukkan Barcelona, klub yang tak pernah ditaklukkannya sebagai pemain. Ya, dialah Tito Vilanova, pelatih Barcelona musim depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda