Scroll to Top

Peringkat FIFA Indonesia Turun

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 13 Jul 2011

Persipura dan Sriwijaya FC memang memiliki lonjakan fantastis dalam rangking IFFHS. Keduanya bisa mengungguli tim-tim besar Eropa. Namun, hal yang sama tidak berlaku untuk Indonesia.
Dalam rangking FIFA yang dirilis 29 Juni kemarin, Indonesia malah bercokol di peringkat  132, turun 2 tingkat dari posisi sebelumnya bulan Mei lalu (sebelumnya 130). Poin Indonesia pun berkurang menjadi 195 (awalnya 200).

Posisi Indonesia ini diikuti oleh negara-negara Asia Tenggara lainnya. Misalnya, Malaysia. Sang musuh bebuyutan ini turun peringkat ke posisi 144 (sebelumnya 143). Sementara itu Vietnam turun ke peringkat 140. Prestasi Vietnam ini turun enam tingkat dari posisi mereka pada bulan Mei.

Sebaliknya, Singapura naik dua tingkat ke posisi 142. Mereka mendapatkan tambahan 15 poin sejak ranking FIFA terakhir pada bulan Mei.

Yang unik, lawan Indonesia dalam pra-Piala Dunia 2014, Turkmenistan, nyatanya dari segi peringkat ada di bawah kita. Turkmenistan ada di peringkat 143, tepat di atas Malaysia. Turkmenistan sendiri turun 2 tingkat dari posisinya pada bulan Mei.

Nah, apakah posisi Turkmenistan yang di bawah Indonesia ini bisa dijadikan salah satu sinyal bahwa timnas kita mampu menekuk mereka? Kekalahan yang diderita timnas U-23 bisa dijadikan contoh. Timnas u-23 kalah dua kali dari Turkmenistan, 1-3 di Gelora Bung Karno dan 1-0 di laga away.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda