Scroll to Top

Lionel Messi 68 Gol Melampaui Rekor Gol Gerd Mueller

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 03 May 2012

Lionel messi 7

Lionel Messi kembali menciptakan rekor baru. Setelah menjadi pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa, kini giliran rekor gol Gerd Mueller yang dilampauinya. Dengan hattrick ke gawang Malaga dalam kemenangan Barcelona 4-1, King Leo mencatatkan rekor 68 gol, unggul satu gol dari Gerd Mueller.

Ketika Gerd Mueller menciptakan 67 gol pada musim 1972/1973, banyak yang beranggapan bahwa jumlah gol yang diborongnya dalam semusim, tidak akan mampu dilewati oleh generasi penyerang lain setelah era penyerang internasional Jerman tersebut.

Mueller ketika itu membukukan 36 gol di Bundesliga, 7 gol di ajang DFB Pokal, 12 gol di ajang European Cup (nama terdahulu Liga Champions), dan 12 gol di ajang DFB-Liga Pokal.

Sudah 39 tahun berlalu sejak Mueller mengoleksi sejumlah gol tersebut. Para penyerang terhebat dunia sekalipun, mentok di angka 40 hingga 50 gol dalam semusim. Namun kini, seorang bocah yang hampir berusia 25 tahun, peraih tiga gelar Ballon d’Or, tidak hanya menyamai rekor gol Mueller, tetapi juga melewatinya.

Lionel messi 6

46 gol di Liga Spanyol, 2 gol di Copa del Rey, 14 gol di Liga Champions, 3 gol di Piala Super Spanyol, 1 gol di Piala Super Eropa, dan 2 gol di Piala Dunia Antar Klub. Cuma di ajang Copa del Rey saja Messi tercatat membobol gawang lawan lebih sedikit daripada jumlah laga. Total, 68 gol dalam 58 penampilan.

Dari segi jumlah pertandingan yang dilalui dalam semusim, King Leo memang kalah daripada Mueller. Kalau sang penyerang maut era 1970-an hanya membutuhkan 49 penampilan untuk 67 gol, Lionel Messi harus mencatatkan 58 laga —9 pertandingan lebih banyak— demi 68 gol.

Namun, jika dilihat dari faktor usia, Messi lebih unggul. Mueller mencatatkan rekor 67 gol tersebut ketika sudah berusia 27 tahun. Sementara, sang mesiah kini baru menjelang 25 tahun.

Kita tentu agak kesulitan membayangkan apa yang terjadi dua-tiga tahun mendatang, ketika Lionel Messi semakin matang dan semakin matang lagi. Kira-kira berapa gol dalam semusim yang akan ditorehkannya saat itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda