Scroll to Top

Stres Kendarai Mobil? Lakukan Yoga Ringan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 03 May 2012

yoga di mobil

Kelelahan saat berkendara dengan biasa dialami ketika menempuh perjalanan jauh tanpa henti. Bahkan, situasi macet yang mengular tidak jarang membuat tubuh lebih cepat capek lantaran otak memberikan respon stres. Stres sebaiknya dihindari saat mengemudi karena bisa menyebabkan kebingungan dalam mengambil keputusan berkendara.

Dikutip dari Media Indonesia, sambil menyetir, Anda bisa melakukan beberapa teknik yoga. Cara ini efektif mengusir tekanan pikiran selama di jalan dan membuat Anda lebih mampu berkonsentrasi penuh dalam mengemudi.

  • Pengaturan nafas. Mengambil nafas panjang akan membantu tubuh mendapatkan asupan oksigen lebih banyak. Artinya, kebutuhan otak dan tubuh untuk mendapatkan kesegaran dari oksigen terpenuhi. Ambil nafas panjang dari hidung dengan pelan, dan buang lewat mulut dengan masing-masing memakai empat hitungan.
  • Meregangkan leher. Otot leher yang tegang perlu direlaksasi. Caranya, sembari pegang kemudi, gerakkan leher ke kiri dan kanan. Kemudian, lakukan gerakan memutar dan melingkar pada kepala Anda.
  • Relaksasi otot punggung. Caranya, angkat kedua tangan sembari menarik nafas dan dada membusung sampai mengenai lingkar kemudi. Selanjutnya, letakkan tangan kanan mengelilingi dada dan gunakan tangan kiri untuk menarik siku ke arah kiri. Lakukan juga untuk tangan satunya. Gerakan ini hanya boleh dilakukan saat mobil berhenti.
  • Untuk peregangan otot tangan, kepalkan tangan dan lakukan gerakan memutar seperti mengaduk sendok di gelas berisi air. Begitu juga dengan kaki, lakukan gerakan melingkar agar lebih rileks dari penat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda