Scroll to Top

Foursquare Raih 10 Juta Pengguna

By Aisyah Indarsari / Published on Wednesday, 13 Jul 2011

foursquare-user-badgeFoursquare, aplikasi mobile berbasis lokasi yang di launching pada bulan Maret 2009 lalu ini telah berhasil melampaui 10 juta pengguna. Demikian informasi yang didapat dari website foursquare.com. Pasti banyak dari Anda yang menyukai dan aktif menggunakan aplikasi ini. Dengan foursquare, selain terlihat sophisticated, Anda dapat berbagi kepada teman tentang keberadaan Anda, dan juga mengetahui keberadaan mereka.

Walaupun angka 10 juta terbilang cukup kecil (jika dibandingkan dengan jumlah pengguna akun Facebook yang berjumlah 750 juta seperti informasi yang dirilis akhir-akhir ini), akan tetapi foursquare memperolehnya hanya dalam waktu 2 tahun sejak launching pertamanya. Hal ini bisa dikatakan prestasi yang memuaskan jika dibandingkan dengan Twitter yang pada jangka waktu yang sama diperkirakan hanya diikuti oleh 1 juta pengguna.

Ada beberapa informasi menarik yang dipublikasikan foursquare seperti yang dikutip dari briansolis.com terkait dengan analisis data penggunaan aplikasi ini. Salah satunya adalah data tempat-tempat favorit para pengguna foursquare di Amerika Serikat berdasarkan urutannya. Daftarnya adalah sebagai berikut:

1.       Toko Pakaian:

Old Navy, H&M, Victoria’s Secret

2.       Bank:

Bank of America, Chase, Wells Fargo

3.       Toko Serba Ada:

7-Eleven, Circle K, Wawa

4.       Toko Perlengkapan Rumah Tangga:

Home Depot, Ikea, Lowe’s

5.       Toko Retail:

Target, Walmart, Macy’s

Para pelaku bisnis di Indonesia bukan tidak mungkin juga bisa memanfaatkan analisis data dari penggunaan aplikasi ini. Walaupun hanya terbatas diwakili oleh para pengguna foursquare saja, akan tetapi setidaknya bisa diketahui sebagai sampel, tempat-tempat apa saja yang banyak dikunjungi oleh orang-orang saat ini. Hasil analisis bisa digunakan untuk strategi marketing, memperkirakan kekuatan pesaing bisnis dan lain sebagainya.

Jadi, kalaupun saat ini Anda menggunakan foursquare hanya untuk terlihat keren, suatu saat mungkin Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih berarti dari aplikasi ini. Kami tunggu check-in Anda selanjutnya!

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda