Scroll to Top

Signal: Aplikasi Citizen Journalism Bergaya Instagram

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 03 May 2012

Signal

Apa yang akan terjadi jika sebuah aplikasi yang menggabungkan paltform foto sharing seperti Instagram dan kemampuan geo-location serta sistem voting ala Reddit? Jawabannya cuma satu. Signal, sebuah aplikasi citizen journalism.

Untuk saat ini Signal masih memiliki konseo private beta. Anda harus request terlebih dahulu ‘undangannya’ sebelum aplikasi tersebut akan dirilis secara resmi di Apple App Store dalam beberapa bulan mendatang.

Signal sendiri digagas oleh Mark Malkoun, kebangsaan Lebanon, yang ingin menjebol keterbatasan fundamental dalam berbagi cerita di media sosial.

Dengan Signal, Anda bisa bebas bercerita apa saja laiknya jurnalis dalam citizen journalism dengan wujud dan tampilan konten laiknya Instagram.

“Mulanya Facebook dan Twitter dirancang guna mengalirkan konten berita dari individu, brand, perusahaan, atau selebriti,” terang Mark Malkoun pada Mashable.

Jika terjadi sesuatu di ribuan mill jauhnya dari lokasi Anda, dan seseorang mengabarkannya di Twitter atau Facebook, Anda tidak secara otomatis akan mengetahuinya. Kecuali telah menjadi teman di dua jejaring sosial tersebut, Mark Malkoun melanjutkan.

Dengan Signal Anda dapat mengunggah berita dengan fitur bebrbagi foto jurnalistik yang cepat plus dilengkapi dengan fasilitas geo-location.

Dan bilamana ada pengguna lain yang mengunggah berita dengan tema atau kategori yang sama, sebuah algoritma akan bekerja dan konten serta cerita akan diklasifikasikan dalam kategori yang sama.

Di laman muka aplikasi ini Anda akan menemukan pelbagai foto berita yang dikategorikan menurut lokasi. Bisa berdasarkan negara, wilayah, atau benua.

Untuk mendapatkan ‘undangan’ Signal yang masih private beta, sila tuju tautan berikut. Jika telah mencobanya, jangan lupa untuk berbagi pengalaman di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda