Scroll to Top

Malware Baru Android Menyebar Melalui Website Yang Telah Diretas

By Ditya / Published on Thursday, 03 May 2012

Android Malware

Android sebagai salah satu sistem operasi mobile populer besutan Google ini kembali menjadi incaran malware.

Malware sendiri berasal dari kata malicious software yang disingkat dengan kata malware yang berarti perangkat lunak yang bersifat merusak atau merugikan sistem.

Sebuah perusahaan keamanan, Lookout telah mengingatkan pengguna mengenai malware baru berupa trojan yang menyerang Android dan menyebar melalui laman web yang telah diretas atau disusupi malware.

Trojan jahat tersebut berpotensi dapat masuk dan menginfeksi jaringan milik pemerintah atau milik perusahaan jika dibiarkan.

Trojan baru Android ini tampaknya cukup berbahaya, malware jahat ini menyamar sebagai pembaharuan perangkat lunak kepada pengguna dan menginfeksi sistem jika pengguna menginstallnya.

Lookout menjuluki trojan baru ini dengan nama “NotCompatible”, trojan ini tertanam di iframe situs yang telah diretas dan secara otomatis akan mendownload sendiri ketika web terinfeksi tersebut dikunjungi pengguna.

File malware tersebut berupa file “Update.apk”, saat ini hanya sedikit situs yang diperkirakan terinfeksi, sehingga Lookout memperkirakan Android yang terinfeksi masih rendah.

Malware ini memang tidak menunjukan gejala yang mengganggu kepada pengguna setelah terinstall, namun malware ini berpotensi untuk mengakses jaringan pribadi secara ilegal yang berakibat merugikan pengguna.

Seperti yang dikutip dari Slashgear, semakin banyak laporan mengenai malware atau trojan yang menyerang Android selama beberapa bulan terakhir ini. Selama Januari hingga Februari telah muncul beberapa malware yang menyerang Android.

Kian maraknya serangan malware ke platform Android, sebaiknya pengguna lebih berhati-hati ketika menjelajah dunia maya atau menginstall aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda