Scroll to Top

Game Tetris Ternyata Bisa Kurangi Stres Traumatis

By Ditya / Published on Thursday, 03 May 2012

Game Tetris

Game Tetris adalah game yang cukup populer disemua kalangan usia, game sederhana menata balok-balok atau batu bata ini memang cukup mengasyikan.

Tahukah Anda bahwa game Tetris sederhana ini mampu mengurangi efek stress traumatik?

Sebuah tim peneliti yang berasal dari Oxford University telah melakukan penelitian pada game Tetris yang menghasilkan teori bahwa Tetris dapat membantu mencegah orang mengalami PTSD.

Apa itu PTSD? PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder) adalah gangguan kecemasan yang dapat mempengaruhi mereka yang telah mengalami peristiwa yang traumatis psikologis.

PTSD ini sering dialami oleh tentara yang baru kembali dari medan perang atau seseorang yang pernah mengalami peristiwa pahit yang traumatis.

PTSD memang sulit diatasi, namun penelitian tahun 2009 menunjukan bahwa game Tetris membantu mencegah atau mengurangi PTSD ketika bermain setelah mengalami trauma.

Para peneliti menemukan bahwa bermain game tetris setengah jam setelah melihat film dapat mengurangi ingatan kilas balik (flashback) bagi pemain yang telah mengalami trauma.

Seperti yang dikutip dari Tomshardware, berkurangnya ingatan kilas balik tentang peristiwa traumatik ini mampu mengurangi secara signifikan dari efek stress traumatis PTSD.

Penelitian ini juga mengatakan bahwa game Tetris atau tugas lain yang bersifat visuopatial sederhana dapat bertindak layaknya vaksin kognitif terhadap tumpukan ingatan kilas balik terhadap peristiwa traumatis.

Ternyata game sederhana seperti Tetris ini memiliki manfaat yang cukup hebat dan cocok bagi yang pernah mengalami peristiwa traumatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda