Scroll to Top

Bayern Munchen Akan Rugi Kalau Juara Liga Champions

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 04 May 2012

Bayern Muenchen

Bayern Muenchen akan mendapatkan 9 juta Euro jika menjuarai Liga Champions musim ini. Demikian peraturan UEFA. Namun, pasukan Jupp Heynckes kurang beruntung andai berhasil meraih gelar. Pasalnya, uang bonus 9 juta Euro, akan lenyap begitu saja. Boleh dikatakan, andai juara, Bayern Muenchen justru akan “merugi”.

Mengapa demikian? Jawabannya, karena dua pemain berikut ini: Manuel Neuer dan Luiz Gustavo.

Seperti yang dirilis oleh Eurosport, ketika Manuel Neuer dibeli dari Schalke 04 musim panas lalu, ada perjanjian bahwa Muenchen harus mengeluarkan uang ekstra jika FC Holywood mampu mendapatkan pencapaian spesial di Liga Champions.

Andai Muenchen berhasil menembus semifinal —dan hal ini sudah terjadi– klub yang bermarkas di Allianz Arena harus membayar 2 juta Euro.

Dan andai dua minggu lagi Muenchen menekuk Chelsea di final, Schalke akan mendapatkan tambahan dana ekstra sebesar 4 juta Euro. Artinya, 6 dari 9 juta Euro yang akan didapatkan Muenchen (andai juara) akan dicicipi oleh Schalke.

Real Madrid vs Bayern Muenchen

Sementara, kasus yang sama juga menimpa Muenchen karena Luiz Gustavo. Pemain yang dibeli Hoffenheim juga terikat dalam perjanjian khusus. Setelah Muenchen lolos ke semifinal, mereka harus membayar 1 juta Euro untuk Hoffenheim. Dan, andai Muenchen memenangi partai puncak Liga Champions, 2 juta Euro tambahan akan diberikan kepada Hoffenheim.

Artinya, menjadi juara, Muenchen akan “rugi”. Meski mendapatkan bonus 9 juta Euro, mereka tetap harus mengeluarkan uang sepadan untuk Schalke 04 dan Hoffenheim.

Sebaliknya, andai cuma menjadi runner-up Liga Champions, Muenchen justru tetap mendapatkan surplus. Jatah runner-up Liga Champions adalah 5,6 juta Euro; dan FC Holywood akan mendapatkan 2,6 juta Euro sisa; setelah dipotong biaya ekstra untuk Manuel Neuer dan Luiz Gustavo di semifinal.

Namun, tentu saja kerugian andai juara Liga Champions ini hanya berkaitan dengan bonus dari UEFA di partai final semata. Kenyataannya, klub yang memenangi kompetisi tertinggi antar klub Eropa, juga akan mendapatkan bayaran dari hak siar TV, merchandise, dan lain-lain. Semisal, Barcelona yang musim lalu memperoleh 51 juta Euro.

Bahkan, Real Madrid yang mencapai semifinal Liga Champions musim lalu, mampu mendapatkan 39,28 juta Euro; sekitar sepertiga lebih sedikit dari total harga beli Cristiano Ronaldo.

(Dirty Tackle/Eurosport)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda