Scroll to Top

Ternyata Banyak Pengguna Facebook Yang Memalsukan Identitas Mereka

By Melissa / Published on Friday, 04 May 2012

Studi terbaru dari majalah Consumer Reports terhadap responden di Amerika Serikat mengenai privasi Facebook memberikan hasil yang mengejutkan.

Seperempat dari responden menyatakan bahwa mereka berbohong di profil Facebook dan sering memalsukan identitas seperti tanggal lahir.

Tindakan memanipulasi identitas ini sebenarnya melanggar ketentuan pelayanan Facebook, namun hal ini ternyata terus meningkat.

Consumer Reports berpendapat bahwa semakin banyak orang yang berhati-hati dengan eksistensi mereka di Facebook dan memilih untuk memalsukan identitas demi alasan keamanan.

Hampir semua responden mengatakan bahwa mereka berusaha menjaga privasi dengan mengontrol pengaturan privasi dan membatasi siapa saja yang dapat mengakses profil mereka.

Sepertiga dari responden mengatur profil agar tidak bisa diakses oleh berbagai aplikasi Facebook seperti games. Namun 1 dari setiap 5 orang mengaku tidak melakukan hal ini.

Consumers Union, organisasi advokasi yang menerbitkan majalah Consumer Reports, telah mengeluarkan petisi agar Facebook meningkatkan kontrol privasi dengan alasan masih banyak pengguna yang khawatir identitas mereka dilihat oleh pihak ketiga.

Facebook merespon survei ini dengan menyatakan bahwa mereka percaya 900 juta pengguna dengan sukarela membagi identitas mereka karena para pengguna tahu bahwa Facebook memberikan berbagai pilihan untuk mengatur informasi pribadi mereka.

Selain itu, Facebook juga mengatakan bahwa data pengguna adalah milik mereka dan pengguna dapat meminta data mereka dari Facebook kapan saja.

Consumer Reports juga memberikan beberapa tip untuk mengantisipasi hal ini, antara lain “pikir baik-baik sebelum menulis post“, dan jika para pengguna sudah sangat terganggu, lebih baik mereka melakukan deaktivasi akun.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga ‘memalsukan’ identitas profil Facebook demi keamanan? Langkah-langkah apa saja yang sudah Anda ambil untuk menjaga privasi Anda di Facebook?

(via Bits, gambar oleh Chris Jackson/Getty Images)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda