Scroll to Top

Tidur Malam Tingkatkan Kemampuan Ingatan Emosional

By Ilham Choirul / Published on Friday, 04 May 2012

tidur malam

Tidur malam sebaiknya dijadikan kebiasaan. Tidur yang satu ini memberikan pengaruh positif terhadap ingatan. Pasalnya, tidur malam mampu meningkatkan ingatan emosional secara positif dibanding banyak begadang. Efeknya, tubuh akan bangun dengan lebih segar dan mood dipenuhi kebahagiaan. Demikian menurut penelitia dari University of Massachusetts.

Profesor Rebecca Spencer dari University of Massachusetts, mengatakan, tidur malam yang berkualitas mampu meningkatkan emosional positif. Tidur malam juga bisa dipakai untuk terapi post-traumatic stress disorder.Menurutnya, hasilnya akan sangat signifikan.

Peneliti melibatkan 70 orang dewasa yang dibagi dalam dua kelompok. Satu kelompok diminta untuk tidur malam, dan kelompok lain harus begadang. Mereka diminta untuk melihat berbagai gambar sebelum menjalankan tugasnya. Misalnya gambar anak anjing, bunga, dan gambar netral yang menampilkan furnitur piring dan makan malam.

Setelah itu, para relawan diuji ingatannya dari yang tertidur dan terjaga selama 12 jam. Hasilnya, mereka yang tidur malam bisa mendapatkan ingatan emosional yang positif. Hasil ini berbeda untuk relawan yang terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda