Scroll to Top

4 Makanan untuk Tulang Sehat

By Ilham Choirul / Published on Friday, 04 May 2012

tulang

Menjaga tulang sebaiknya dilakukan secara dini. Pasalnya, tulang manusia punya “umur ekonomis” yang jika tidak dirawat berakibat pengeroposan tulang di usia tua. Vitamin D dan kalsium adalah beberapa nutisi yang sangat penting untuk kesehatan dan kepadatan tulang. Dan, nutrisi ini bisa didapatkan dari sumber makanan tertentu.

Kalau seseorang sudah teridentifikasi mengidap osteoporosis, maka setiap aktivitas fisiknya menjadi berisiko. Tulang mudah retak dan kalau jatuh bisa gampang patah. Untuk itu,biasakan mengonsumsi makanan yang berguna untuk tulang setiap hari. Kebutuhan kalsium, misalnya, untuk harian pada orang dewasa berkisar 1.000 mg. Dan, beberapa contoh makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi tulang adalah:

  • Susu. Minuman ini mengandung kalsium sekaligus vitamin D. Selain itu, produk olahan dari susu juga baik untuk tulang. Misalnya es krim dan keju. Hanya saja, saat susu dijadikan makanan olahan, banyak yang memiliki kalsium tapi minus vitamin D. Jika Anda ingin rutin mengonsumsi susu, pilihlah yang rendah remah agar manfaat kesehatan bisa lebih maksimal Anda rasakan.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian. Biasanya makanan ini kaya dengan magnesium. Zat ini membantu metabolisme kalsium.
  • Kenari. Kenari memiliki banyak zat bermanfaat. Misalnya asam lemak omega-3 dan asam alphalinoleic. Zat yang terakhir ini punya manfaat untuk menguatkna tulang.
  • Wortel. Nutrisi yang dikandung wotel adalah alfa-karoten, beta-karoten, dan betacryptoxanthin. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik bagi tulang, makanlah dalam kondisi mentah. Mungkin, Anda bisa mencampurkannya ke dalam salad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda