Scroll to Top

Energi Terkuras Habis Jika Berolahraga Dengan Perut Kosong

By Ilham Choirul / Published on Friday, 04 May 2012

berolahraga

Hindari berolahraga dalam keadaan perut kosong. Baik mengisi perut dahulu atau melakukan olahraga dengan perut  kosong,akan memakan energi yang sama. Namun, berolahraga dengan perut kosong tidak disarankan. Energi yang Anda pakai akan membuat tubuh menderita. Demikian menurut studi yang dimuat Jurnal Kebugaran di Amerika Serikat baru-baru ini.

Mitos yang salah tentang berolahraga saat perut kosong adalah energi diambil dari metabolisme cadangan lemak. Energi tidak diambil dari glukosa atau karbohidrat dari makanan. Meski terdengar logis akan banyak membakar lemak dan menguruskan badan, justru hal itu berlawanan. Olahraga dengan perut kosong tidak memberikan manfaat seperti itu.

Nah, kalau Anda berolahraga tanpa makan lebih dahulu, bisa membuat Anda kehabisan energi. Energi yang ada di otot turut terforsir. Akibatnya, proses  pembakaran lemak menjadi tidak maksimal. Jangan heran pula bila kepala Anda merasa pusing akibat kekurangan energi.

Para ahli menyarankan unuk setidaknya mengemil sedikit makanan sebagai bekal untuk berolahraga. Makanan itu menjadi sumber energi. Sebaiknya mengonsumsi makanan minimal mengandung 45 mg karbohidrat sebelum berolahraga. Efek lain dari makan ini adalah mencegah Anda untuk makan berlebihan usai berolahraga. Dan, ini baik untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda