Scroll to Top

Supermoon 2012 akan Muncul pada Minggu Malam

By Ibnu Azis / Published on Friday, 04 May 2012

Supermoon 2012

Supermoon atau lunar perigee adalah sebuah fenomena dimana bulan berada di jarak terdekat dengan bumi. Dengan demikian bulan akan nampak lebih besar dan lebih terang daripada biasanya. Dan fenomena supermoon 2012 diramalkan akan terjadi pada Minggu malam(06/05/12).

Supermoon juga terjadi pada tahun lalu tepatnya pada 19 Maret 2011. Dan berdasarkan perkiraan para ahli astronomi, untuk supermoon 2012 akan memiliki perbedaan dari tahun lalu. Sebab antara tahun ini dan tahun lalu memiliki selisih perige yang berbeda.

Tatkala supermoon terjadi, jarak antara bulan dan bumi hanya 357 ribu kilometer. Dengan jarak ini maka antara bumi dan bulan akan 10 persen lebih dekat daripada jarak biasanya. Karena jarak yang semakin pendek ini, tampak bulan akan lebih besar dan bersinar lebih terang.

Jarak bumi dan bulan secara rata-rata hanya sekitar 384 ribu kilometer. Tatkala supermooon terjadi, jarak tersebut akan menjadi 357 ribu kilometer. Ini berarti ada selisih sekitar 27 ribu kilometer. Dengan selisih tersebut bulan bakal tampak 14 persen lebih besar serta 30 persen lebih terang.

Fenomena supermoon pada Minggu malam nanti merupakan jarak paling dekat antara bumi dan bulan di tahun 2012 ini. Dan pada 28 November mendatang, akan terjadi fenomena kebalikan dari supermoon. Dimana bulan akan tampak lebih kecil serta redup dari biasanya.

Ini terjadi karena jarak antara bumi dan bulan sedang berada di titik yang paling jauh. Sudah siapkah Anda menikmati supermoon 2012 esok Minggu? Tulis antusias Anda di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda