Scroll to Top

Final FA Cup: Akan Diadili Oleh Wasit Phil Dowd

By Wan Faizal / Published on Saturday, 05 May 2012

Phil Dowd

Memimpin sebuah laga final tentu bukanlah perkara mudah. Diperlukan wasit dengan kualitas istimewa dan berpengalaman menghadapi tekanan. Dan beruntunglah bagi Phil Dowd, wasit kenamaan Inggris yang terpilih untuk menjadi pengadil pertandingan final FA Cup antara Chelsea vs Liverpool, Sabtu (5/5/12) pukul 23.15 WIB.

Bersama Howard Webb, Mike Dean, Mark Halsey, dan Andre Marriner, wasit asal Staffordshire tersebut memang menjadi salah satu wasit terbaik di Inggris saat ini. Dowd sendiri merasa cukup senang dengan kesempatan yang akan ia dapatkan di Stadion Wembley nanti.

Secara khusus, Dowd berjanji tidak akan mengulangi kesalahan fatal yang dilakukan oleh rekannya, Martin Atkinson, ketika memimpin laga semifinal FA Cup antara Tottenham vs Chelsea. Kala itu, Atkinson mengesahkan gol Juan Mata. Padahal saat itu bola terlihat belum melewati garis gawang.

“Jika itu menyangkut keputusan kecil, maka tidak akan masalah. Beda halnya jika itu adalah suatu keputusan besar,” ungkap Dowd.

“Kami (ofisial pertandingan) tidak boleh membuat kesalahan sekecil apapun, begitu juga dengan para pemain. Namun jika kami melakukan kesalahan, itu akan menjadi sorotan besar.”

Dowd sendiri juga sudah tidak asing memimpin laga yang melibatkan Chelsea dan Liverpool di musim ini. Chelsea empat kali merasakan “sentuhan” Dowd di semua ajang yang mereka ikuti musim ini dengan hasil sekali menang dan tiga kali kalah.

Sementara itu, enam kali pertandingan Liverpool musim ini diadili oleh Dowd. Hasilnya? Dua kali kemenangan diraih, tiga kali hasil imbang, serta menelan satu kali kekalahan.

Uniknya, saat kedua tim berjumpa di laga Carling Cup musim ini, Dowd adalah pengadil pertandingan saat itu dengan hasil kemenangan 0-2 untuk Liverpool.

Well, apakah Liverpool akan kembali hoki kala pertandingan mereka dipimpin oleh Dowd malam nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda