Scroll to Top

Microsoft Hilangkan Dukungan Playback DVD Di Windows 8

By Ditya / Published on Saturday, 05 May 2012

Tablet Windows 8

Microsoft baru-baru ini mengatakan bahwa pihaknya akan menghilangkan dukungan playback DVD pada sistem operasi terbarunya, Windows 8.

Pengurangan kemampuan multimedia ini terkait rencana Microsoft untuk menggantikan semua konten multimedia dalam bentuk digital, sehingga media fisik seperti keping DVD atau Blu-ray tidak lagi didukung.

Kabarnya, Microsoft juga akan menghilangkan fitur Windows Media Center secara default dari sistem operasi Windows 8.

Seperti yang dikutip dari Xbitlab, pada proses pembangunan Windows 8, Microsoft telah mengevaluasi dukungan terhadap file multimedia yang dapat dimainkan secara default di Windows 8.

Raksasa software asal Redmond ini juga telah mencatat aktifitas playback multimedia pengguna sejak peluncuran Windows 7, sebagian besar konsumsi video berasal dari sumber-sumber online seperti Youtube, Hulu dan Netflix.

Menurut Microsoft, kedepan, media fisik seperti DVD, Blu-Ray disc dan VCD akan kehilangan banyak pengguna yang telah beralih ke layanan video online.

Karena hal inilah Microsoft memutuskan untuk menghilangkan dukungan terhadap playback DVD/Blu-Ray disc di Windows 8.

Windows Media Player akan tetap ada di Windows 8 namun tanpa kemampuan untuk playback DVD dan Microsoft memberikan 2 pilihan untuk solusi dukungan pemutaran keping DVD.

Pertama, mengandalkan perangkat lunak dari pihak ketiga seperti Cyberlink PowerDVD atau Corel WinDVD untuk pemutaran keping optikal seperti DVD.

Kedua, melakukan upgrade Windows 8 Pro dengan Windows Media Center Pack dan Windows 8 dengan Windows 8 Pro Pack yang memungkinkan untuk playback DVD.

Menghilangnya dukungan pemutaran DVD ini menimbulkan spekulasi bahwa Windows 8 akan dijual dengan harga yang lebih murah, karena semakin sedikit lisensi codec yang dibayar Microsoft dengan menghilangnya dukungan playback DVD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda