Scroll to Top

ISL: CAS Menangkan Persipura, PSSI Harus Bayar Denda

By Aditya / Published on Saturday, 05 May 2012

Persipura - PSSI

Pengadilan Arbitrase Olahraga Dunia atau CAS dikabarkan telah memenangkan gugatan Persipura Jayapura terhadap PSSI dalam perkara dicoretnya hak tim Mutiara Hitam untuk berlaga di Liga Champions Asia (LCA) dengan dalih mengikuti liga ilegal (ISL). Oleh karena itu, PSSI diharuskan membayar denda kepada Persipura sebesar 5.000 franc swiss atau 50 juta rupiah.

Ketua Harian Persipura, La Siya, mengatakan hal tersebut setelah mendapat kabar dari pengacaranya, Jean-Louis Dupont, dari Swiss. Atas kemenangan itu, La Siya menyatakan sangat gembira dan lega karena perjuangan yang dilakukan Persipura membuahkan hasil yang positif.

”Ini membuktikan bahwa kebenaran itu ada. Dengan kemenangan ini, kami seperti mendapat durian runtuh,” tandas La Siya, Jumat (4/5).

Kabar tentang gugatan Persipura terhadap PSSI memang sempat menjadi perhatian dalam beberapa bulan terakhir. CAS sebelumnya telah memberikan putusan sementara yang memenangkan Persipura. Imbasnya, Boaz Solossa dan kawan-kawan akhirnya diperbolehkan mengikuti kualifikasi grup LCA melawan Adelaide United, klub Australia yang sebenarnya menggantikan posisi Persipura.

Selain diharuskan membayar denda sebesar 40 juta rupiah, PSSI juga diwajibkan membayar biaya persidangan sebesar 40%. Persipura dan Adelaide United masing-masing harus membayar 10% dari total biaya persidangan. Sedangkan 40% menjadi kewajiban bagi AFC untuk melunasinya.

Namun, PSSI membantah jika CAS telah mengeluarkan putusan final yang memenangkan Persipura. Pasalnya, gugatan Persipura terhadap PSSI dikabarkan telah dicabut.

”40 persen dibayar AFC. 10 persen dibayar Adelaide (United), dan 10 persen lagi dibayar Persipura. Yang pasti, tidak ada putusan final, pasalnya Persipura sudah mencabut (gugatannya),” kata Direktur Legal PSSI, Rudy Finantha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda