Scroll to Top

Liga Spanyol: Fakta Unik Derbi Barceloni antara Barcelona vs Espanyol

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 05 May 2012

Espanyol vs Barcelona

Barcelona dan Espanyol akan berhadapan di pekan ke-37 Liga Spanyol. Pertarungan sesama klub asal Barcelona ini sering disebut sebagai Derby Catalan oleh media dunia, atau Derbi Barceloni. Khusus di La Liga saja, sejak pertemuan pertama pada 1928/1929, Barcelona dan Espanyol sudah bertemu lebih dari 150 kali. Sejarah panjang kedua tim membuat banyak fakta unik seputar Derbi Barceloni antara Barcelona vs Espanyol.

  • Barcelona lahir pada 1899, sementara cikal bakal Espanyol (bernama Sociedad Española de Football) berdiri setahun kemudian, 1900. Pada awal didirikan, Espanyol (Sociedad Española de Football) diproyeksikan sebagai klub yang hanya menaungi pemain lokal Spanyol saja.
  • Pertemuan pertama kedua klub terjadi di lapangan Hotel Cassanovas pada 23 Desember 1900. Tidak ada yang mampu memenangi pertandingan, dan tidak ada gol tercipta dalam laga tersebut.
  • Perseteruan sengit Barcelona dan Espanyol dipanaskan dengan kejadian di Copa Ciudad-La Riva pada musim 1911/1912. Ketika itu, kedua klub bertemu dua kali dalam dua hari. Pada laga yang digelar 24 Maret 1912, El Barca takluk 0-1. Duel kedua tim yang berlangsung keesokan harinya, juga dimenangi Espanyol dengan skor 0-4. Bukan tanpa alasan Espanyol mampu memenangi kedua laga tersebut. Para pemain Barcelona mendapat kekerasan sepanjang pertandingan. Bahkan kiper Barcelona, Renye, harus dikeluarkan dari lapangan karena menerima pukulan dari pemain Espanyol. Sejak saat itulah konflik meruncing.
  • Rivalitas kedua klub tidak terbantahkan lagi. Pada 20 Mei 1922, Barcelona membangun stadion Les Corts (stadion sebelum Camp Nou). Hanya kurang dari setahun, Espanyol mengambil langkah serupa. Pada 18 Februari 1923 klub yang dahulu berkostum kuning, mendirikan Estadi de Sarria.

Derbi Barceloni

  • Espanyol hanya tercatat empat kali absen dari Primera Division karena terdegradasi, yaitu musim 1962/1963, 1969/1970, 1989/1990, dan 1993/1994. Sementara, Barcelona bersama Real Madrid dan Athletic Bilbao belum pernah terdegradasi.
  • Masalah prestasi, kedua klub bagaikan langit dan bumi. Sebagai contoh, untuk urusan Liga Spanyol saja. Barcelona sudah memenangi 21 gelar, berbeda dengan Espanyol yang hingga kini masih bermimpi untuk sekadar memboyong supremasi tertinggi di Liga Spanyol.
  • Sejak musim 2008/2009, Espanyol belum pernah mengalahkan Barcelona lagi. Kemenangan terakhir dari Blaugrana terjadi pada 21 Februari 2009 di Camp Nou. Ketika itu Ivan De La Pena yang sebelumnya pernah bermain di Barcelona (sebelum hengkang ke Lazio) mencetak 2 gol kemenangan Espanyol.
  • Total hingga saat ini khusus di La Liga, Barcelona sudah memenangi 86 partai Derbi Barceloni dan mencetak 286 gol. Sementara Espanyol hanya memenangi 34 laga dengan koleksi 173 gol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda